Mengintip 4 Gerbang Ikonik Kawasan Borobudur, Berupa Gajah hingga Perahu

Kompas.com - 24/05/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa kawasan Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, telah memiliki empat gerbang masuk yang ikonik.

Keempat gerbang yang dibangun Kementerian PUPR itu berfungsi sebagai penanda bahwa masyarakat telah memasuki kawasan Candi Borobudur.

Sebagaimana dikutip dari unggahan akun Twitter Kementerian PUPR pada Senin (23/05/2022), pembangunan empat gerbang masuk telah selesai.

Keempatnya merupakan bagian dari pengembangan kawasan Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Keempat gerbang yang dimaksud meliputi Gerbang Blondo, Palbapang, Kembanglimus, dan Klangon. Di mana masing-masing memiliki ikon yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur.

Baca juga: Telan Rp 357 Milliar, Ini Sederet Proyek Jalan dan Jembatan di Kawasan Borobudur

Gerbang Blondo

Gerbang Blondo di Kawasan Borobudur.Dok. Kementerian PUPR Gerbang Blondo di Kawasan Borobudur.
Dilansir dari rilis pers PT Brantas Abipraya (Persero), Gerbang Blondo merupakan pintu masuk dari arah Semarang. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Candi Borobudur.

Gerbang ini memiliki ikon berupa pohon kalpataru yang dipercaya sebagai pohon hayat atau pohon kehidupan dan harapan.

Gerbang Blondo juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti, musala, toilet, bike station, ruang MEP dan pengelola, serta area parkir.

Gerbang Palbapang

Gerbang Palbapang di Kawasan Borobudur.Dok. Kementerian PUPR Gerbang Palbapang di Kawasan Borobudur.
Gerbang Palbapang keberadaannya sebagai penanda kawasan dari arah Yogyakarta. Jaraknya dari Candi Borobudur sekitar 8 kilometer.

Gerbang yang memiliki ikon patung singa ini dilengkapi hall atau ruang serbaguna, ruang pengelola dan MEP, toilet serta lansekap taman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.