Kompas.com - 23/05/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang jarak antara bangunan dengan jalan atau garis sempadan jalan.

Sebab, setiap mendirikan bangunan terdapat ketentuan jarak yang patut diperhatikan. Demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Hal tersebut sedikitnya tertuang dalam unggahan akun Instagram Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR pada Senin (23/05/2022).

Baca juga: Siapa yang Berhak dan Boleh Membangun Polisi Tidur?

Garis sempadan jalan diperlukan agar setiap orang tidak mendirikan bangunan di Ruang Pengawasan Jalan (Ruwasja) dan Ruang Milik Jalan (Rumija).

GSJ ialah garis batas luar pengaman untuk dapat mendirikan bangunan di kiri kanan jalan, di luar Rumija, dan di luar Ruwasja.

Berguna untuk mempertahankan daerah pandangan bebas bagi para pengguna jalan dan tidak terhalang bangunan.

Bangunan yang dimaksud adalah sesuatu yang didirikan berupa rumah, gedung, jembatan, tower, dan sebagainya. Sehingga bisa tercipta lingkungan yang nyaman, rapi, dan aman.

Ilustrasi garis sempadan jalan.Tangkap layar Instagram Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Ilustrasi garis sempadan jalan.
Baca juga: Kenali Ciri-ciri Perumahan dengan Lingkungan Ramah Pejalan Kaki

Jarak Garis Sempadan Jalan

  • Jalan kolektor primer tidak kurang dari 10 meter diukur dari tepi luar Rumija.
  • Jembatan untuk pengamanan konstruksi, tidak kurang dari 100 meter. Diukur dari tepi luar pangkal jembatan ke arah hulu dan ke arah hilir jembatan.

Objek Pemanfaatan Lahan di Dalam Rumija

  • Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).
  • Pemasangan portal (bando) atau jenis konstruksi lainnya yang melintang jalan.
  • Pemasangan tiang papan reklame/billboard.
  • Penanaman utilitas umum berupa pipa maupun kabel.
  • Fasilitas jalan ke luar masuk persil.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.