Mau Jajal Kendaraan Listrik Tanpa Awak di BSD City, Daftar Dulu di Sini

Kompas.com - 21/05/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat umum yang ingin menikmati kendaraan listrik tanpa awak di BSD City, Anda cukup mendaftar dan mengisi survei terlebih dahulu melalui aplikasi OneSmile.

"Jadi, lewat aplikasi kita OneSmile," jelas Group CEO Sinarmas Land Michael Widjaja mengatakan hal ini usai peresmian kendaraan listrik otonom dengan merek dagang Arma tersebut, Jumat (20/5/2022).

OneSmile adalah aplikasi yang dirancang khusus oleh perusahaan sebagai sarana penghubung antara pihak pengembang dengan pelanggan melalui penerapan teknologi informatika.

Saat ini, sudah ada satu Arma yang dioperasikan di BSD City dan hanya akan melintasi kawasan Qbig dan sekitarnya. Sementara satu unit lainnya akan beroperasi di Green Office Park dalam waktu dekat.

Dengan demikian, bakal ada dua Arma yang akan dioperasikan di kedua lokasi tersebut.

Kendaraan listrik tanpa awak ini akan terus dikembangkan untuk mendukung Transit Oriented Development (TOD) Cisauk yang setidaknya dilalui sekitar 11.000 orang per hari.

Cara kerjanya, jika Anda turun dari stasiun kereta api dan ingin ke beberapa lokasi di BSD City, maka Anda bisa pesan sesuai dengan permintaan (on-demand bus).

Baca juga: Budi Karya Resmikan Uji Coba Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama di Indonesia

"Misalnya, 12 orang mau ke AEON (mal) ya udah kita ke AEON dulu, atau 50 orang mau ke Qbig. Jadi, dia bisa planning (rencanakan), ya jadi mobility solution (solusi mobilitas) lah ya," tambah Michael.

Arma dirancang dengan penggerak listrik dan berkapasitas 33 kilo Watt hour (kWH) yang dapat bertahan selama 9 jam.

Modelnya, Arma didesain 4,7 meter x 2,1 meter dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Selain itu, dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan Global Positioning System (GPS) sensor Light Radar (LIDAR) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk analisa big data.

Kemudian, akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.