Tol Layang JORR Diproyeksikan Sumbang Pendapatan META Rp 2,2 Triliun

Kompas.com - 19/05/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta Outer Ring Road (JORR) diprediksi dapat berkontribusi terhadap pendapatan PT Nusantara Infrastructure Tbk atau META sebesar Rp 2,2 triliun hingga Rp 2,3 triliun.

Angka tersebut sekitar lima kali lipat dari pendapatan sektor jalan tol yang diperoleh META saat ini sebesar Rp 439,3 miliar.

"Kami masih menghitung besaran tarifnya. Tol JORR Eksisting sekitar Rp 16.000. Jika kelak Tol Layang JORR operasional mungkin akan sekitar Rp 20.000, ini tarif integrasi," ujar Direktur META Danni Hasan menjawab Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Nusantara Infrastructure Catat Kenaikan Pendapatan 25,4 Persen Jadi Rp 675 Miliar

Hingga saat ini proyek jalan bebas hambatan berbayar yang menghubungkan Ulujami dan Cikunir tersebut masih dalam tahap evaluasai dokumen penawaran.

Sedianya, penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol Layang JORR akan digelar pada Kuartal I-2022 atau paling lambat awal Kuartal II-2022.

Adapun Pra-Kualifikasi Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Layang JORR telah diteken pada 30 Juli 2021.

PT Nusantara Infrastructure Tbk bersama PT Triputra Utama Selaras (TUS), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST) merupakan satu-satunya konsorsium yang lulus tahap pra-kualifikasi ini.

Konsorsium dari ketiganya yang bernama Jakarta Metro Expressway ini juga tercatat sebagai pemrakarsa.

Izin prinsip pengembangan tol layang ini telah diterbitkan oleh Kementerian PUPR sejak 11 Desember 2018. Sementara izin prakarsanya dikeluarkan pada 21 Januari 2020.

Baca juga: Nusantara Infrastructure akan Maksimalkan Kinerja Sektor Jalan Tol

Dalam rancangan kerjanya, Tol JORR Elevated yang menghubungkan Ulujami-Pondok Indah-TMII-Jati Asih (Cikunir) ini didesain sepanjang 22 kilometer dengan estimasi nilai investasi Rp 21,5 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.