Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Beratapkan Langit, Begini Tampilan Hotel Bintang Nol di Swiss

Kompas.com - 18/05/2022, 19:54 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sistem peringkat hotel, biasanya diberikan peringkat mulai dari hotel bintang 1 sampai hotel bintang 5.

Namun di Swiss, yang merupakan salah satu destinasi wisata termahal di dunia, ternyata terdapat hotel berbintang nol.

Adalah Null Stern Hotel, merupakan hotel berbintang nol yang ada di dunia dan berada di wilayah Appenzell Swiss.

Bila Anda menginap di sini maka Anda hanya akan mendapatkan kamar suite yang berisi tempat tidur. Mungkin kedengarannya Anda akan mendapatkan hostel pedesaan.

Baca juga: Ternyata, Hotel Kapsul Pertama di Dunia Hanya Dibuka bagi Kaum Pria

Namun pada kenyataannya, suite yang dimaksud adalah suite berdesain mewah  tanpa dilindungi dinding dan atap.

Seperti dikutip dari The Manual, saat tiba, para tamu akan dilayani layaknya penyambutan di hotel yakni menerima minuman gratis.

Tak hanya itu, tamu juga bisa memesan sarapan setiap hari, dan servis dari kepala pelayan yang biasanya memakai kostum petani.

Kamar mandinya sendiri hanya berjarak tiga menit dari suite dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Kamar mandi juga berfungsi ganda sebagai penginapan cadangan selama cuaca buruk.

Suite ini mengubah lokasi setiap tahun. Lokasi sebelumnya berada di atas wilayah pegunungan Grisons, serta di bunker nuklir yang dinonaktifkan.

Bersama kolaborator Daniel Charbonnier, dua bersaudara Patrik dan Frank Riklin, awalnya meluncurkan suite ini sebagai sebuah proyek seni.

Kedua bersaudara ini kemudian menseriusinya menjadi bisnis hotel dan menarik perhatian banyak pelancong dari seluruh dunia.

Meskipun minim fasilitas, tarif suite ini cukup mahal atau berkisar di angka 300 Dolar AS atau setara Rp 4,4 juta per makam. Namun sangat diminati oleh wisatawan.

Baca juga: 10 Hotel Terbaik di Dunia 2022, Salah Satunya dari Bali

 

Sebagai catatan, hotel ini tidak dibuka setiap saat.Berdasarkan pengecekan di situs resmi hotel, saat ini tempat tersebut masih ditutup sementara waktu.

Nantinya suite baru akan dibuka kepada yang ingin menginap pada musim panas  di Swiss, sekitar bulan September atau Oktober. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com