Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2022, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kunjungan pusat perbelanjaan atau mal kian membaik seiring dengan penanganan Covid-19 yang juga memberikan angin segar.

Terlebih hadirnya momentum Ramadhan, Lebaran, dan mudik yang kembali diperbolehkan tahun ini membuat kunjungan mal merangkak naik hingga 80-90 persen.

"Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini menjadi momentum penting yang menentukan bagi pemulihan kondisi usaha ditengah ketidakpastian global yang sedang dialami," ujar Ketua Umum Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja kepada Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, rata-rata tingkat kunjungan mal pada tahun 2022 juga diperkirakan bisa mencapai 70-80 persen dibandingkan sebelum pandemi atau pada tahun 2019.

Artinya, rata-rata tingkat kunjungan mal diharapkan bisa menjadi lebih baik dari tahun 2021 yang hanya menyentuh angka 60 persen dan tahun 2020 sekitar 50 persen.

Baca juga: Aturan Terbaru Masuk Mal PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali

"Jika kondisi tersebut berhasil dikendalikan sampai dengan nanti setelah Ramadhan dan Idul Fitri maka akan memudahkan untuk mempercepat pemulihan kondisi usaha," tambah Alphonzus.

Namun sayangnya, jika kondisi di lapangan mengatakan sebaliknya, maka hal tersebut akan semakin memperburuk usaha di tengah situasi kenaikan berbagai harga secara bersamaan.

Sehingga apabila kondisi tersebut kembali terjadi, maka akan semakin memberatkan kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, Alphonzus mengatakan bahwa protokol kesehatan harus tetap diberlakukan secara ketat, disiplin dan konsisten.

"Percepatan vaksinasi harus terus didorong termasuk vaksinasi booster," Alphonzus kembali mengingatkan.

Baca juga: Tingkat Hunian Mal Tetap Stabil, Ini yang Jadi Daya Tarik Pengunjung

Semua langkah tersebut dianggap sebagai cara untuk meminimalisir kemungkinan risiko melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 pasca-Ramadhan dan Idul Fitri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com