Berlibur ke Borobudur, Sarhunta Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Menginap

Kompas.com - 15/05/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Hari Raya Waisak 2022, masyarakat yang ingin berkunjung ke objek wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, kini tidak perlu bingung mencari penginapan.

Pasalnya, terdapat Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) milik warga yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap.

Sarhunta dilengkapi fasilitas layaknya hotel bintang tiga namun memiliki harga yang cukup terjangkau.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, Sarhunta yang dibangun memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan hunian masyarakat lainnya.

Baca juga: Tuntas Dibangun, 1.799 Sarhunta di Danau Toba Siap Terima Wisatawan

Adapun ciri khas elemen fisik dapat dilihat dari pembangunan atap tradisional Jawa Kerakyatan dengan Bumbungan Kalpataru, ada teras homestay, pintu dan jendela dengan motif kawung dan pigura bata ekspose.

"Selain itu, dinding kamar tidur dibuat dengan bata ekspose dan fasilitas penginapan yang memadai, kamar mandi standar yang bersih serta adanya pot atau gentong untuk cuci tangan," kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, ada 821 rumah yang mendapat bantuan Sarhunta.

Sarhunta di Kawasan Wisata Candi Borobudur Kementerian PUPR Sarhunta di Kawasan Wisata Candi Borobudur
Bantuan tersebut terdiri dari 382 di 15 desa berupa peningkatan kualitas rumah dengan fungsi homestay dan usaha pariwisata lainnya dan 439 unit di empat desa peningkatan kualitas rumah swadaya tanpa fungsi usaha.

"Kami berharap dengan Sarhunta ini masyarakat di sekitar Candi Borobudur bisa meningkat perekonomiannya sekaligus mendorong kualitas rumah yang sebelumnya tidak layak menjadi lebih layak huni," kata Iwan.

Pemerintah terus berupaya memfasilitasi pembangunan dan peningkatan kualitas rumah swadaya masyarakat guna mendukung tempat pariwisata yang ada di Indonesia termasuk di kawasan sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.