Benteng Duurstede, Saksi Mata Perjuangan Kapitan Pattimura Lawan Belanda

Kompas.com - 15/05/2022, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Minggu (15/5/2022) seluruh masyarakat Maluku memperingati Hari Pahlawan Nasional asal Maluku, Pattimura.

Tepat di tanggal 15 Mei abad lalu tepatnya pada tahun 1817, Kapitan Pattimura memimpin rakyat Maluku untuk melawan Belanda. Mereka pun berhasil menduduki Benteng Duurstede yang saat itu menjadi markas kaum penjajah.

Hingga sekarang Benteng Duurstede tetap berdiri di daerah Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Baca juga: Kelar Januari 2023, Ini Progres Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi

 

Untuk memeringati peristiwa bersejarah ini, Benteng Duurstede telah dijadikan museum dan tugu peringatan perlawanan Pattimura dalam menghadapi kolonialisme Belanda.

Benteng Duurstede sebenarnya merupakan benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1676. Saat itu, mereka masih menjajah nusantara.

Namun, saat Saparua berhasil direbut oleh Belanda pada tahun 1691, Nicolaas Schaghen, Gubernur Ambon saat itu mengambil alih benteng tersebut dan diberi nama Duurstede, yang artinya kota mahal.

Sejak saat itu, Benteng Duurstede menjadi bangunan pertahanan dan pusat pemerintahan VOC. Letaknya yang strategis bahkan berperan penting dalam kepentingan militer.

Karena itu, tak heran benteng ini menjadi incaran berbagai pihak dan tercatat beberapa kali berpindah tangan.

Pada 1796, Benteng Duurstede jatuh ke tangan Inggris berhasil merebut kekuasaan atas Pulau Saparua dari Belanda. Namun, benteng ini sempat kembali ke tangan Belanda tahun 1803.

Pada tahun berikutnya  terjadi peperangan dan membuat Benteng Duurstede harus lepas menjadi milik bangsa Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.