Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantah Jaksel Buka Loket Pelayanan Pertanahan di AEON Mall Tanjung Barat

Kompas.com - 13/05/2022, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan meluncurkan loket pelayanan pertanahan di pusat perbelanjaan AEON Mall Tanjung Barat, Kamis (12/5/2022). 

Inovasi layanan yang diberi nama G-Mall ini, dibentuk karena terinspirasi dari kondisi Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan yang lokasinya berada di dalam gang, sehingga menyulitkan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan pertanahan dan tata ruang.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati mengapresiasi jajaran Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan atas inovasi dan perwujudan gerak cepat layanan G-Mall.

Baca juga: Mengurus Dokumen Pertanahan Makin Mudah, Tinggal Klik 6 Situs dan Aplikasi

"Selamat kepada Bapak Kepala Kanwil dan Bapak Kepala Kantah karena telah mewujudkan layanan prima bagi masyarakat," kata Yulia dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, perwujudan inovasi dalam melayani masyarakat saat ini sangat dibutuhkan, terlebih dalam hal percepatan penyampaian informasi layanan pertanahan dan tata ruang kepada masyarakat.

Dengan dibuatnya loket di pusat perbelanjaan ini, tentu masyarakat dapat lebih cepat mendapatkan informasi terkait apa saja persyaratan dalam layanan yang dibutuhkan.

"Diharapkan dengan adanya G-Mall, masyarakat merasa lebih terbantu dalam pelayanan pertanahan dan tata ruang," ucap dia.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Dwi Budi Martono mengatakan saat ini informasi merupakan hal yang paling penting dan perlu secara cepat disampaikan kepada masyarakat.

Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kemudian dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Hari ini Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan menjawab tantangan dalam hal celah komunikasi antara kita yang bekerja dengan yang dilayani, yaitu masyarakat," kata Dwi. 

Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sigit Santosa menyebut pada tahap awal terdapat tiga layanan pertanahan yang dapat diakses masyarakat pada loket G-Mall.

Layanan tersebut antara lain pengambilan produk, validasi data pertanahan, dan informasi pertanahan.

Untuk layanan validasi dan pengambilan produk, masyarakat dapat melakukan konfirmasi sehari sebelum mendatangi loket G-Mall melalui nomor Whatsapp 08111240912.

"Ada tiga layanan yang kami siapkan, dan beberapa layanan ini juga yang termasuk penting karena seperti validasi itu penting untuk peningkatan kualitas data pertanahan di Jakarta Selatan, Saat ini wajib bidang tanah divalidasi, terutama surat ukur persilnya. Untuk itu, kami siap," imbuhnya. 

Sebagai informasi, pada kegiatan peluncuran G-Mall juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 100 orang yang dibagikan secara langsung kepada lima orang perwakilan.

Selain itu, diserahkan juga 12 sertifikat Barang Milik Negara (BMN) kepada tiga instansi, yaitu Kementerian Pertahanan dalam hal ini Markas Besar TNI Angkatan Laut (AL) dan Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD) Zidam Jaya, serta Kementerian Pertanian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com