Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solar Panel Canggih di Jalan Raya Korsel, Bisa Dilalui Pesepeda

Kompas.com - 12/05/2022, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) kembali menggemparkan pecinta Korean Pop (K-pop) tanah air dengan sejumlah info konser terbaru mereka yang segera digelar dalam waktu dekat.

Namun, negara yang juga terkenal dengan sebutan Negeri Gingseng ini tidak hanya maju di dunia hiburan saja, melainkan di bidang lain seperti infrastruktur.

Melansir Interesting Engineering, Kamis (12/5/2022), Korsel bahkan memiliki panel surya atau solar panel canggih yang terletak di tengah jalan raya.

Tepatnya, solar panel ini membentang antara daerah Daejon dan Sejong dengan pemandangan alamnya yang indah sejauh 20 mil atau 32 kilometer.

Adapun solar panel ini disebut menyediakan listrik lebih dari cukup untuk memberikan daya pada sistem penerangan jalan raya hingga titik pengisian daya mobil listrik, melansir Fast Company.

Baca juga: Korsel Bangun Metaverse Seoul, Bakal Jadi Kota Digital Pertama di Dunia?

Solar panel di tengah jalan raya Korea Selatan, bisa dilalui pengendara sepedaJanbaz Salehi Solar panel di tengah jalan raya Korea Selatan, bisa dilalui pengendara sepeda
Canggihnya, infrastruktur ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi ramah lingkungan, tetapi juga berguna untuk melindungi pengendara sepeda dari paparan sinar matahari.

Solar panel tersebut dirancang menjadi sebuah terowongan, sehingga bagian bawahnya bisa dilalui pesepeda.

Untuk keluar dan masuk ke jalur sepeda unik tadi, pesepeda menggunakan terowongan bawah tanah yang dinilai bisa meningkatkan keselamatan mereka tanpa harus masuk dalam arus lalu lintas (lalin) reguler.

Selain itu, jalur sepeda ini juga dibangun dengan penghalang di setiap sisi untuk melindungi peseda dari lalin kendaraan bermotor di kedua sisi.

Sebagian orang berpendapat, ini adalah ide yang fantastis sekaligus mewakili langkah pertama menuju pembuatan jalur sepeda gaya komuter serupa di masa depan.

Baca juga: Sebentar Lagi, Korsel Luncurkan Kereta Ultracepat 1.000 Km Per Jam

Solar panel di tengah jalan raya Korea Selatan, bisa dilalui pengendara sepedaJanbaz Salehi Solar panel di tengah jalan raya Korea Selatan, bisa dilalui pengendara sepeda
Akan tetapi, pendapat kontra juga muncul terkait solar panel di tengah jalan raya ini.

Pesepeda dirasa akan kurang nyaman karena kebisingan jalan raya dan berpotensi menghirup asap dan emisi kendaraan bermotor yang bergerak cepat.

Tak hanya itu, faktor keselamatan juga menjadi pertimbangan karena dikhawatirkan pengemudi kendaraan bermotor menabrak penghalang di beberapa titik dan membahayakan pesepeda.

Sementara itu, teknologi ini sebelumnya juga pernah diterapkan di Amsterdam, Belanda dengan nama SolaRoad sepanjang 70 meter senilai Rp 53,8 miliar.

Berbeda dengan Korsel di mana pesepeda bisa melalui bagian bawah solar panel, pesepeda di Belanda bisa berkendara di atas solar panel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com