Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagihan Air Anda Naik Drastis? Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 11/05/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkan Anda memperhatikan tagihan air rumah secara rinci? Jika iya, mungkin ada kenaikan harga tagihan air patut untuk dicurigai.

Melansir Express Sewer & Drain, Rabu (11/5/2022), kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh masalah di perabotan rumah.

Berikut Kompas.com rangkum beberapa penyebab dan cara mengatasinya:

Kebocoran toilet

Toilet menyumbang sekitar 31 persen dari penggunaan air dalam ruangan untuk rumah rata-rata di Amerika.

Maka, seharusnya tidak mengejutkan bahwa mereka menimbulkan risiko kebocoran yang besar.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Tandon Air Plastik di Rumah Anda

Toilet yang bocor dapat menghabiskan 6.000 galon per bulan dan menambah tagihan air rumah dalam jumlah yang tidak sedikit.

Untuk memeriksanya, Anda cukup berjalan ke toilet dan dengarkan.

Jika terdengar suara seperti desisan yang aneh, toilet Anda mungkin mengalami kebocoran dan perlu melakukan pemeriksaan penutup tangki, sambungan saluran air, dan segel lebih lanjut.

Kebocoran keran 

Keran yang bocor sekitar satu tetes per detik dapat membuang sekitar 17 galon selama sehari. Penyebab paling umum dari kebocoran keran adalah karet yang rusak di pegangan keran.

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mematikan air ke keran yang bocor, membuka tutup pegangan, melepas karet yang sudah rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: AC di Rumah Tiba-tiba Bocor? Ketahui Penyebabnya

Kebocoran mesin cuci

Penyebab lainnya adalah kebocoran mesin cuci yang membuat Anda membutuhkan lebih banyak air untuk digunakan.

Oleh karena itu, periksalah mesin cuci Anda secara rutin untuk menghindari hal ini atau gunakan mesin cuci berefisiensi tinggi yang dapat menghemat 50 persen penggunaan air.

Hal serupa mungkin juga bisa terjadi pada mesin pencuci piring. Sehingga bagi Anda yang menggunakan alat ini, cek selalu apakah ada kebocoran.

Perubahan musim dan konsumsi air

Namun, selain karena perabotan rumah, tagihan air juga bisa naik karena konsumsi air yang meningkat akibat perubahan musim.

Biasanya pada musim panas, tagihan listrik akan naik karena anggota rumah yang lebih banyak mandi atau rumput dan tanaman yang perlu disiram secara teratur.

Selain itu, kehadiran tamu di rumah juga bia menambah konsumsi dan tagihan air rumah Anda, apalagi jika mereka berada di rumah dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Perbaikan terbaik untuk melawan atau mencegah lonjakan tajam dalam penggunaan air melakukan perencanaan ke depan bila memungkinkan.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menganggarkan konsumsi air yang lebih tinggi selama bulan-bulan tertentu atau selama Anda memiliki orang tambahan di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com