Berkat Persiapan Matang, Tol Trans-Sumatera Diklaim Tak Alami Kemacetan

Kompas.com - 11/05/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) mengklaim tidak terjadi kepadatan kendaraan di JTTS selama mudik Lebaran 2022.

Melansir siaran pers, Rabu (11/5/2022), hal ini terjadi berkat strategi dan persiapan matang yang diterapkan di lapangan sejak H-2 mudik Lebaran berlangsung.

“Sejak H-2 bulan sebelum mudik, kami telah mempersiapkan berbagai pelayanan dan simulasi jalur alternatif agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan pemudik,” ujar Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji.

Baca juga: 46.902 Kendaraan Balik ke Jawa via GT Bakauheni Tol Trans-Sumatera

Beberapa langkah yang diambil, seperti penerapan sistem holding di rest area dengan mengarahkan kendaraan masuk ke rest area untuk mengurangi penumpukan di gerbang tol (GT) hingga jalur alternatif.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan booth pembelian tiket ferry di rest area
bekerja sama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), penambahan mobile reader & top up asongan hingga peringatan melalui VMS dan speaker di GT & rest area.

Rest area di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)Hutama Karya Rest area di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)

Beberapa persiapan lainnya adalah menyediakan informasi mudik secara lengkap dengan pembagian flyer dan buku panduan digital serta melalui website perusahaan dan aplikasi HK Toll Apps.

Alhamdulillah dengan strategi dan antisipasi yang telah disiapkan, seluruh pelayanan mudik
di jalan tol yang dikelola Hutama Karya tahun ini berjalan dengan lancar," tambah Dwi.

Sementara itu, tercatat sebanyak 2,6 juta kendaraan manfaatkan ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya selama mudik Lebaran tahun ini atau pada 25 April-9 Mei 2022.

Beberapa ruas tol yang turut berpartisipasi dalam mencetak capaian tersebut, meliputi Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka), dan Palembang–Indralaya (Palindra).

Selain itu, ada Tol Pekanbaru–Dumai (Permai), Medan–Binjai, Ruas Binjai–Langsa Seksi 1 (Binjai–Stabat), Sigli–Banda Aceh (Seksi 2, 3 dan 4), serta ruas tol fungsional, yakni Bengkulu–Taba Penanjung dan Pekanbaru–Bangkinang.

Baca juga: Ini Biaya E-Toll yang Harus Anda Rogoh Saat Mudik dari Jakarta-Palembang via Tol Trans-Sumatera

Terkait hal ini, Dwi mengatakan bahwa lonjakan lalu lintas (lalin) arus balik telah terjadi pada hari Minggu (8/5/2022) kemarin.

“Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS pada Minggu dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui Exit Gate Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” pungkas Dwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.