Kompas.com - 08/05/2022, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas (lalin) berupa one way hingga contraflow telah berlaku di Ruas Tol Jakarta sampai Semarang pada Minggu (08/05/2022) pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan diskresi kepolisian, untuk penerapan one way mulai Km 428 Jalan Tol Semarang ABC sampai Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu juga diterapkan contraflow dua lajur dari Km 66 sampai Km 47 dan contraflow satu lajur dari Km 47 sampai Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Baca juga: Ada 1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabotabek

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah timur yang terdampak one way arus balik," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam rilis pers.

Rekayasa lalin tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengantasipasi lonjakan pergerakan arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi Minggu (08/05/2022).

Apalagi pada Sabtu (07/05/2022), Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa sekitar 60 persen pemudik belum kembali ke Jakarta.

Baik itu yang akan menyeberang dari Sumatera ke Jawa maupun yang akan melintas via jalan Tol dari arah timur menuju Jakarta dan sekitarnya.

"Jumlah 60 persen yang belum kembali ini mengkhawatirkan," kata Budi dikutip dari situs resmi Kemenhub.

Kendati begitu, pemerintah telah memberikan izin bagi masyarakat yang bekerja untuk mengambil cuti setelah 08 Mei 2022 dan juga kepada pelajar untuk belajar melalui daring.

"Untuk itu, kami mohon masyarakat untuk mengikuti anjuran ini agar perjalanan kembalinya bisa lebih nyaman," tutur Menhub.

Baca juga: Ritual Mudik dan Kemajuan Infrastruktur Indonesia yang Membuat WN Inggris Takjub

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.