Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

46.902 Kendaraan Balik ke Jawa via GT Bakauheni Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 07/05/2022, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 46.902 kendaraan meninggalkan Pulau Sumatera ke Jawa melalui Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sejak 3 Mei 2022 hingga 6 Mei 2022.

Sehingga, secara keseluruhan, volume lalu lintas (VLL) arus balik di JTTS telah tecatat sebesar 793.053 kendaraan.

Angka ini mengalami peningkatan hingga 62,38 persen bila dibandingkan dengan kondisi normal.

Meski angka kendaraan yang melintas sudah meningkat, namun PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola JTTS memprediksi masih akan terjadi kenaikan VLL puncak arus mudik pada Sabtu (7/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022).

Para pemudik yang akan melakukan perjalanan kembali ke Pulau Jawa diminta agar dapat menyiapkan sebaik mungkin dan menghindari puncak arus balik agar lebih aman.

Hal itu sebagaimana diutarakan Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: H+2 Lebaran, 8.427 Kendaraan Tinggalkan Sumatera via GT Bakauheni Selatan

"Sebaiknya lakukan perjalanan balik setelah 8 Mei dan sebelum jalan, cek kembali kebijakan-kebijakan yang akan diberlakukan selama diperjalanan sehingga aman dan nyaman," terang Dwi.

Dia menambahkan, Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa rest area dari arah Palembang menuju Bakauheni di KM 20 B, 33 B, 49 B, 87 B, 116 B, 172 B dan 215 B.

Kemudian, dapat digunakan para pengguna jalan untuk beristirahat sambill menunggu arahan petugas agar bisa memasuki area pelabuhan dengan tertib.

Perseroan juga bekerja sama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) untuk menyediakan penjualan tiket di rest area KM 87, 49, dan 20 jalur B guna mengantisipasi terjadinya penumpukan akibat pembelian tiket kapal.

“Selain melalui Pelabuhan Bakauheni, pemudik juga bisa naik kapal melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) dengan keluar via GT Bakauheni Utara atau Pelabuhan Panjang dengan keluar via GT Lematang pada KM 74," katanya.

Hutama Karya mengimbau seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata
tertib yang berlaku, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com