Ritual Mudik dan Kemajuan Infrastruktur Indonesia yang Membuat WN Inggris Takjub

Kompas.com - 06/05/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran tahun 2022 sudah berlalu. Namun ternyata menyisakan cerita berkesan di hati para pemudik termasuk salah satu warga negara asing (WNA) asal Inggris, Colm Downes.

Melalui akun Twitternya, Colm berbagi pengalaman melakukan perjalanan mudik ke daerah Jawa Tengah, tepatnya Rembang. 

Lewat perjalanan mudik yang dijalaninya, ia ingin menghilangkan beberapa mitos tentang Indonesia.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 2022 Resmi Dimulai, Lintasi 867 Kilometer Jalan Tol di Empat Provinsi

“Beberapa orang masih mengira saya tinggal di pulau kecil yang belum berkembang. Saya harus mengundang mereka untuk berkunjung. Mereka mungkin cukup terkejut,” cuitnya.

Dalam perjalanan mudiknya ke Jawa Tengah, ia bahkan melihat sebagian besar kendaraan di jalan raya yang terdiri dari kendaraan tipe SUV, dan sejumlah Toyota Corolla klasik. 

“Perjalanan pulang saya (439 kilometer) hampir seluruhnya melalui jalan tol modern yang mulus, kira-kira jaraknya sama dengan London ke Newcastle,” jelas Colm.

Bagian terakhir dari perjalanannya, Colm mengaku terkesima dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang merupakan sebuah jalan layang yang panjangnya 36 kilometer.

"Bagian terakhir dari perjalanan ini membawa saya ke Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) – sebuah jalan layang yang panjangnya 36 kilometer. 36 kilometer!! Lebih jauh dari Ipswich ke Colchester (saya dibesarkan di Suffolk). Jalan layang M4 Chiswick di London hanya sepanjang 2 mil (5 km)," ungkapnya. 

Perjalanan Mudik Tak Terlupakan

Dalam wawancaranya bersama Kompas.com, Colm menceritakan perjalanan mudiknya ke Jawa Tengah pada Rabu (27/4/2022) atau H-5 Lebaran memberi kesan tersendiri baginya. 

“Rumah istri saya ada di desa dekat Rembang, di Jawa Tengah. Saya, istri dan anak lelaki saya melakukan mudik pada Rabu pekan lalu untuk menghindari kemacetan. Membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam dari Jakarta ke Semarang,” ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.