Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Bersihkan Lantai dengan Detergen

Kompas.com - 06/05/2022, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


MADIUN, KOMPAS.com – Momentum Lebaran kali ini disambut meriah oleh banyak orang setelah pandemi Covid-19 di Indonesia sudah mulai terkendali.

Namun, hal yang tidak boleh dilewatkan setelah perayaan Lebaran usai adalah memastikan rumah tetap bersih dan nyaman, salah satunya dengan membersihkan lantai.

Melansir Yout Nifty Home, selain menggunakan cairan khusus pembersih lantai, Anda juga bisa menggunakan detergen atau sabun pencuci piring.

Bukan hanya harganya yang terjangkau, kedua bahan pembersih tersebut mengandung enzim tertentu yang secara efektif akan membersihkan lantai secara menyeluruh.

Adapun detergen dan sabun pencuci piring hanya bisa digunakan untuk lantai vinil dan keramik, serta tidak disarankan untuk membersihkan lantai kayu karena kayu lebih sensitif dan membutuhkan pembersih khusus.

Baca juga: Amankah Membersihkan Pecahan Kaca dengan Penyedot Debu?

Sebelum memulai pembersihan, pastikan Anda menggunakan detergen cair agar tidak meninggalkan goresan di lantai.

Detergen serbuk umumnya memiliki busa lebih banyak dan bisa membahayakan karena membuat lantai menjadi lebih licin.

Adapun langkah membersihkannya adalah dengan mencapur detergen atau sabun cuci piring secukupnya ke dalam air hangat.

Sebisa mungkin untuk meminimalisir busa yang akan muncul dengan menghindari penggunaan detergen dan sabun cuci piring terlalu banyak.

Kemudian, bersihkan lantai hingga ke semua sudut dan celah hingga seluruh kotoran hilang dengan menggunakan kain pel.

Baca juga: Justru Bikin Kotor, Ketahui 7 Kesalahan saat Membersihkan Rumah

Anda bisa mengulangi proses mengepel dengan membersihkan kain pel di air bersih apabila lantai terlalu kotor.

Setelah itu, untuk menghindari hasil akhir licin di lantai, Anda bisa melakukan pembersihan tambahan dengan menggunakan campuran cuka dan air hangat.

Langkah ini selain berfungsi untuk menjaga lantai agar tidak licin, tetapi juga bisa membuat lantai terhindar dari goresan.

Kendati demikian, kedua bahan ini lebih disarankan untuk digunakan untuk lantai yang sangat kotor atau tidak dibersihkan dalam waktu yang lama.

Pasalnya, bila tidak begitu kotor, kandungan dari kedua cairan pembersih tersebut dikhawatirkan bisa merusak tekstur lantai.

Lebih lanjut, meski detergen ataupun sabun cuci piring bisa digunakan untuk membersihkan lantai, pembersih khusus lantai merupakan pilihan terbaik karena paling aman dan memang tidak akan meninggalkan noda sabun.

Ada juga alternatif yang lebih murah yang dapat bekerja dengan baik, seperti kombinasi air hangat dan cuka putih yang ringan dan sangat efektif untuk membersihkan lantai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com