Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Alergi, Ini Tips Bersihkan Rumah Sepulang dari Kampung Halaman

Kompas.com - 03/05/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

Sumber Decor Tips

MADIUN, KOMPAS.comMudik Lebaran 2022 disambut meriah oleh masyarakat setelah agenda ini sempat ditiadakan selama dua tahun belakangan.

Namun pernahkah terpikir, hal apa yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tetap nyaman setelah kembali dari kampung halaman?

Melansir Decor Tips, Selasa (3/5/2022), berikut tips mudah membersihkan rumah sepulang mudik:

Membongkar barang bawaan

Anda bisa memulai dengan membongkar barang bawaan selama mudik. Letakkan barang-barang bersih ke tempatnya dan letakkan barang bawaan kotor seperti pakaian selama perjalanan ke tempat pakaian kotor atau mesin cuci.

Untuk menghemat waktu, Anda bisa langsung memproses mesin cuci selagi melakukan pekerjaan lainnya.

Baca juga: 5 Benda Ini Perlu Anda Singkirkan dari Lemari Pakaian

Dapur

Setelah itu, Anda harus segera memeriksa kondisi kulkas dan segera membersihkannya, meskipun kulkas sudah dibersihkan sebelum mudik.

Lakukan hal yang sama pada peralatan dapur lain, seperti oven, microwave, kompor.

Selain itu, perhatikan setiap bahan makanan yang Anda tinggalkan selama mudik. Meskipun sudah dirapikan sebelum ditinggalkan, tidak menutup kemungkinan semut atau serangga lain masuk ke dalam kemasan.

Kamar tidur

Bergeser ke kamar tidur, bersihkan tempat tidur dan pasang seprai bersih. Mengatur tempat tidur dengan baik akan membuat istirahat Anda menjadi lebih berkualitas.

Selain itu, bersihkan nakas dan meja rias yang biasanya akan tertutup debu untuk menghindari timbulnya alergi atau penyakit lain.

Baca juga: Seluas Apa Ukuran Kamar Tidur Ideal Rumah Sederhana di Indonesia?

Kamar mandi

Selanjutnya adalah membersihkan kamar mandi. Sangat disarankan agar Anda membersihkan bagian rumah ini secara menyeluruh sebelum bepergian.

Kendati demikian, Anda tetap harus melakukan pembersihkan cepat sesaat setelah sampai di rumah dengan menggunakan lap dan desinfektan untuk tetap menjaga kebersihannya.

Lantai

Area penting lainnta yang harus dibersihkan adalah lantai. Mulailah aktivitas menyapu, menyedot debu hingga mengepelnya.

Gunakan campuran air dan cuka untuk air pel atau Anda bisa menggunakan produk pembersih lantai dengan komposisi yang dibuat dengan tepat agar struktur lantai tidak rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decor Tips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com