Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-6 Lebaran, 11.898 Kendaraan Menuju Jakarta Lewat Tol Kalikangkung

Kompas.com - 27/04/2022, 12:26 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Selasa (26/4/2022), sebanyak 11.898 kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta melintasi Jalan Tol Kalikangkung, Jawa Tengah.

Hal ini menyusul data yang dihimpun oleh Humas Jasa Marga Semarang Batang Andi Susilo, melansir Antara, Rabu (27/4/2022).

Adapun jumlah tersebut diketahui lebih sedikit dibandingkan pada Senin (25/4/2022) lalu, yakni sebanyak 14.691 kendaraan.

Sementara itu, tercatat sejumlah 18.922 kendaraan yang keluar dari arah Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada periode yang sama.

“Dari data yang kami himpun hingga pukul 22.00 WIB malam, dari arah barat, Jakarta, sebanyak 18.922 mobil yang keluar ya,” ungkap Andi.

Baca juga: Lalin Tol Japek KM 48 Terpantau Kembali Normal

Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang keluar pada hari Senin juga tercatat lebih banyak, yaitu 19.652 unit.

Menurutnya, arus lalu lintas pada H-6 Lebaran masih sangat dinamis karena efektifnya imbauan pemerintah dan sosialisasi, sehingga masih belum mencapai puncak arus mudik.

Selain itu, kondisi lalu lintas juga terpantau ramai lancar dan didominasi oleh kendaraan pribadi golongan I.

“Kalau kita bandingkan dengan tahun 2019, karena 2020-2021 masih ada penyekatan, sampai H-6 ini cenderung naik terutama arah ke Semarang rata-rata dari barat semua,” tambahnya.

Lebih lanjut, tersedia 17 petugas di area itu yang dikerahkan untuk mengawasi kondisi jalan sekaligus mengatur lalu lintas kendaraan.

Baca juga: Rekayasa Lalin hingga Pos Terpadu akan Sambut 80 Juta Pemudik

Tak hanya itu, penugasan tersebut juga ditujukan sebagai antisipasi apabila jalur satu arah perlu ditetapkan.

Untuk memastikan kenyamanan mudik, tersedia pula 17 pintu tol dan 4 unit mobile reader untuk persiapan puncak arus mudik.

“Harapan kami, mudik lah dengan terencana supaya aman, nyaman dan selamat sampai tujuan agar bisa berkumpul bersama keluarga,” pungkas Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com