Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku "Contraflow", Lalin Tol Japek Km 48 Terpantau Dipadati Mobil Pribadi

Kompas.com - 27/04/2022, 10:22 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Km 48 telah mengalami kepadatan arus lalu lintas (lalin), Rabu (27/4/2022).

Dilansir dari KompasTV, kepadatan di titik tersebut didominasi oleh kendaraan pribadi roda empat. Namun, tak jarang juga ada bus hingga kendaraan bermuatan berat.

Oleh karena itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan contraflow (lawan arus) di Tol Japek, Rabu (27/4/2022) pukul 07.36 WIB, berdasarkan diskresi kepolisian.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Kompas.com, contraflow diberlakukan mulai dari Km 47 di daerah Karawang sampai dengan Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Km 70.

Baca juga: Pagi Ini Diberlakukan Contraflow di Tol Japek, Ini Titik Lokasinya

Untuk mendukung kegiatan ini, Jasa Marga mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama, dari kondisi normal 15 gardu tol.

Hal tersebut termasuk penambahan 3 gardu tol reversible arah Trans-Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Jasa Marga turut mengimbau seluruh pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Selain kondisi kendaraan, pengendara juga harus menyiapkan kecukupan saldo uang elektronik atau e-toll dan bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

Tak lupa masyarakat turut diimbau untuk membawa bekal dari rumah guna menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Adapun hal yang tak kalah penting adalah untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu lalu lintas (lalin) serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

Baca juga: Padat Kendaraan, Ruas Jalan Layang MBZ Ditutup Sementara

Untuk diketahui, Tol Japek juga telah menerapkan rekayasa lalin ganjil genap (gage) sejak sejak Senin (25/4/2022) di Tol Japek Km 47 sampai dengan GT Cikampek Utama Tol Japek Km 70.

Adapun penerapan rekayasa ganjil genap tersebut akan dilakukan sampai dengan hari ini, Rabu (27/4/20222).

Sementara coba gage di Tol Japek pada hari kedua tersebut berlangsung di KM 47 sampai ke GT Palimanan Utama Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com