Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelebaran Lajur Tol Japek Rampung, Siap Dimanfaatkan Pemudik

Kompas.com - 26/04/2022, 12:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Jasa Marga akhirnya merampungkan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tepatnya di KM 62 Dawuan sampai dengan KM 50 Karawang Timur arah Jakarta.

Pekerjaan pelebaran lajur ini dilakukan untuk mendukung kelancaran lalu lintas arus mudik dan arus balik hari raya Idul Fitri 1443 H.

Proses pekerjaan yang dilakukan adalah menambah lajur di area tol, dari yang semula hanya tiga lajur menjadi empat lajur.

Baca juga: Jelang Hari Kedua Ganjil Genap Tol Japek, Lalin Masih Ramai Lancar

 

Jalan tersebut bahkan sudah mulai difungsionalkan sejak Sabtu (23/4/2022) dini hari sehingga dapat dilalui oleh pemudik. 

Melalui akun instagramnya, Jasa Marga mengatakan peningkatan kapasitas lajur di Tol Japek ini dilakukan demi mengurangi potensi kepadatan di Simpang Susun (SS) Dawuan KM 67.

“SS Dawuan ini merupakan lokasi pertemuan dua arus lalu lintas besar dari Bandung dan Transjawa menuju Jakarta sehingga kerap terjadi kemacetan,” ujar Jasa Marga.

Setelah periode Lebaran 2022 selesai, Jasa Marga berjanji bahwa kegiatan konstruksi peningkatan kapasitas lajur akan berlanjut.

Baca juga: Dari Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Jasa Marga Bidik Kenaikan Pendapatan 27,3 Persen

Beberapa pekerjaan yang akan dilakukan diantaranya penyelesaian pekerjaan pada Jalur B arah Jakarta dan dimulainya pekerjaan konstruksi pada Jalur A KM 50 sampai dengan KM 66 arah Cikampek.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

“Dengan adanya pelebaran jalan ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kapasitas untuk menampung kendaraan yang melintas di Jalan Tol Japek,” tambah Jasa Marga.

Seperti diketahui, jalan Tol Japek memiliki pertumbuhan volume kendaraan yang paling signifikan di antara jalan tol lainnya. 

Pelebaran jalan ini diharapkan dapat membuat perjalanan mudik masyarakat menjadi semakin aman dan nyaman selama melintas di jalan tol milik Jasa Marga Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com