Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal–1 2022, Jakarta Punya 9.328 Unit Apartemen Sewa

Kompas.com - 25/04/2022, 15:05 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kuartal 1 (Q1) tahun 2022, terdapat 9.328 unit apartemen sewa di seluruh kawasan Jakarta.

Pasokan ini bertambah setelah beroperasinya apartemen Artotel Casa Hang Tuah, Jakarta Selatan, yang menyediakan 17 unit sewa.

Dalam rilisnya kepada Kompas.com, Associate Director Research & Consultancy Department PT. Leads Property Services Indonesia, Martin Samuel Hutapea mengatakan perubahan tersebut tidak secara signifikan mengubah distribusi pasar apartemen sewaan di Jakarta.

Baca juga: Rumah Tapak Jadi Alasan Konsumen Tinggalkan Apartemen

“Apartemen di kawasan Central Business District (CBD) dan Jakarta Selatan masih didominasi masing-masing menyumbang 47 persen, dan 32 persen dari jumlah apartemen yang disewakan,” ujarnya.

Menurut Martin, saat musim liburan pada Desember tahun lalu, terjadi lonjakan permintaan apartemen sewa yang signifikan.

Karena itu, tingkat permintaan pada Q1 menunjukkan tanda-tanda stabil relatif, di mana terdapat 5.397 unit apartemen sewa yang ditempati.

“Permintaan di kuartal pertama biasanya di bawah tingkat hunian musim liburan. Namun kali ini, angkanya tetap relatif stabil, pada 57,9 persen secara keseluruhan atau hanya turun sebesar 0,56 persen,” papar Martin.

Sinyal positif datang dari sewa jangka panjang di unit-unit di apartmen non-servis. Terlihat ada peningkatan permintaan, dengan kembalinya para ekspatriat ke dalam negeri.

Perlu diketahui, saat pandemi Covid-19 berlangsung, pada ekspatriat banyak yang memilih kembali ke negaranya sehingga membuat permintaan apartemen sewa menurun.

Baca juga: Ini Penyebab Angka Penjualan Unit Apartemen Masih Minim

Dikatakan, permintaan yang cukup stabil dalam jangka pendek (jangka kontrak hunian kurang dari 3 bulan), berasal dari permintaan beberapa perusahaan.

Ini sangat membantu pasar apartemen servis agar tidak mengalami penurunan permintaan yang signifikan. Tercatat, permintaan apartemen ini hanya turun 0,95 persen secara kuartal ke kuartal (QoQ) menjadi 61,2 persen.

Sementara itu, apartemen non-servis juga menunjukkan pertumbuhan di Q1 2022, di mana meningkat 0,45 persen secara QoQ menjadi 49,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com