Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Check Out" Rumah Sebelum Lebaran? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Kompas.com - 17/04/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CNBC


JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak sedikit yang beranggapan harga rumah akan kian mahal setelah momen Lebaran berakhir.

Oleh karena itu, sebagian orang yang berkeinginan untuk membeli rumah dalam waktu dekat kerap mempercepat proses pembelian rumah.

Wakil Ketua DPP Real Estate Indonesia (REI) Bambang Ekajaya menyampaikan, calon pembeli sebaiknya tidak menunda keputusan untuk membeli rumah hingga Lebaran selesai.

Membeli rumah baru jelang Lebaran justru merupakan keputusan yang tepat terutama untuk karyawan yang akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR),” ujar Bambang, dikutip dari Kompas.com yang tayang pada Jumat (8/4/2022).

Di sisi lain, developer rumah juga kemungkinan besar akan memberikan tawaran harga yang lebih rendah bagi para calon pembeli.

Baca juga: Kenaikan Harga Rumah Istanbul Tertinggi di Dunia, Bagaimana Jakarta?

Developer bahkan bisa memberi diskon tambahan, terlebih bila ada calon pembeli yang bisa membayar rumah secara cash atau bersedia membayar DP lebih besar,” tambah Bambang.

Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, jangan lupa untuk pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Keuangan

Keuangan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Sebaikanya Anda mempertimbangkan sejauh mana kemampuan Anda untuk membeli rumah.

"Berapa banyak penghasilan, berapa banyak uang yang ditabung, atau jika tidak menabung, berapa banyak yang sebenarnya Anda belanjakan setiap bulan," jelas Perencana Keuangan Personal Capital Michelle Brownstein, dikutip dari CNBC, Minggu (10/04/2021).

Menurut Michelle, jika tidak tahu ke mana uang Anda pergi setiap bulannya, maka pertimbangkan kembali keputusan untuk membeli rumah.

Baca juga: Pandemi Picu Harga Rumah di Dunia Melonjak, Tertinggi sejak 2004

Selain itu, Jika Anda membeli rumah secara kredit, jangan sampai cicilannya membebani pengeluaran bulanan. Idealnya, cicilan rumah tidak melebihi 28 persen dari pendapatan kotor Anda.

Perlu diingat, saat menghitung kemampuan Anda, jangan memasukkan bonus akhir tahun atau bonus target. Sebab, kedua hal tersebut bukan pemasukan pasti.

Pengembang

Selain keuangan, pengembang menjadi hal lain yang harus diperhatikan dengan benar. Pasalnya, tidak sedikit kasus jual beli rumah dengan pengembang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama, ada baiknya mengecek status pengembang, rekam jejak, dan banyaknya proyek yang telah mereka kerjakan.

Pilihlah pengembang yang sudah terpercaya dan telah mempunyai banyak pengalaman di bidang properti.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com