Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIG Bersama Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Bagi 117 Tenaga Konstruksi

Kompas.com - 10/04/2022, 10:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), menggelar pelatihan kepada sebanyak 117 tenaga konstruksi secara serentak di tiga kota berbeda.

Pelatihan tersebut digelar di Hotel Novotel Palembang sebanyak 60 orang, Balai Jasa Konstruksi wilayah III Jakarta 30 orang, serta 27 orang di Balai Jasa Konstruksi wilayah IV Surabaya.

Materi pelatihan yang diberikan pada 7-8 April 2022 tersebut di antaranya adalah praktik aplikasi penggunaan DynaPump, produk semen khusus untuk aplikasi struktur atau non-struktur, serta mortar.

Baca juga: SIG dan Kementerian PUPR Bersinergi Ciptakan Konstruksi Ramah Lingkungan

Peserta pelatihan juga diberikan materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), tren konstruksi berkelanjutan, metode konstruksi, serta perkembangan teknologi semen dan produk turunannya.

Melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (9/4/2022), pihak SIG menerangkan,  pelatihan yang dilaksanakan, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pekerja konstruksi terhadap produk berbasis aplikasi, dengan memberikan informasi produk serta pengalaman secara langsung penggunaan produk.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi media untuk para pekerja konstruksi agar terus memperbaharui pengetahuan terhadap kemajuan teknologi dan metode konstruksi.

Direktur Utama SIG Donny Arsal sempat mengatakan, konstruksi di Indonesia menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi nasional terbesar dengan serapan tenaga kerja lebih dari 8 juta jiwa.

SIG memiliki visi untuk mendorong inovasi produk dan teknologi konstruksi yang berwawasan masa depan dan berorientasi perlindungan lingkungan.

Donny menjelaskan, selain portofolio produk semen Non OPC untuk berbagai aplikasi yang dapat mereduksi emisi CO2 sebesar 8 sampai 44 persen, SIG juga menyediakan berbagai solusi beton yang telah dikembangkan.

Seperti teknologi konstruksi DynaHome untuk percepatan pembangunan perumahan, SpeedCrete untuk solusi perbaikan perkerasan beton dengan open traffic dalam 4 jam, yang memungkinkan  penyelesaian pengerjaan konstruksi jalan yang lebih cepat dan bebas macet.

"Serta ThruCrete, solusi perkerasan beton dengan porositas hingga 35 persen, yang dapat menyediakan daerah resapan air dan mengurangi resiko banjir," tutur Donny.

Di samping itu, melalui unit pengolahan limbah bernama Nathabumi, SIG memanfaatkan limbah industrial maupun sampah perkotaan sebagai bahan baku dan bahan bakar alternatif melalui metode co-processing.

Beberapa jenis limbah industri seperti fly ash, bottom ash dan copper slag, diklaim dapat digunakan sebagai alternatif bahan baku semen dan produk turunannya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com