Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepatkah Membeli Rumah Baru Jelang Lebaran?

Kompas.com - 08/04/2022, 19:46 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendapatkan rumah dengan harga terbaik, calon pembeli harus jeli menentukan waktu pembelian yang sesuai.

Meskipun biasanya pengeluaran bisa membengkak jelang perayaan Lebaran, namun ternyata ini bisa menjadi momen yang tepat untuk membeli rumah baru.

Wakil Ketua DPP Real Estate Indonesia (REI) Bambang Ekajaya menyampaikan, calon pembeli sebaiknya tidak menunda keputusan untuk membeli rumah hingga Lebaran selesai.

“Membeli rumah baru jelang Lebaran kustru merupakan keputusan yang tepat terutama untuk karyawan yang akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR),” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Beli Rumah Kredit, Kapan Sertifikatnya Keluar?

Besaran nilai THR yang biasanya didapatkan oleh karyawan minimal sama dengan gaji per bulan. Dana tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk membeli rumah.

“Karena ada THR, bisa meringkankan keuangan untuk membayar DP rumah. Ini juga THR jadi lebih bermanfaat dibandingkan digunakan hanya untuk membeli baju baru atau oleh-oleh untuk kerabat,” jelasnya.

Di sisi lain, developer rumah juga kemungkinan besar akan memberikan tawaran harga yang lebih rendah bagi para calon pembeli.

“Jelang Lebaran, developer juga memiliki beban tambahan untuk membayar THR karyawan perusahaan. Jadi mereka butuh dana segar,” ungkap Bambang.

Baca juga: Sebelum Beli Rumah di Luar Negeri, Tengok Tips Penting Berikut Ini

Kesempatan inilah yang seharusnya dimanfaatkan bagi calon konsumen untuk menawar dengan harga yang lebih rendah.

“Developer bahkan bisa memberi diskon tambahan, terlebih bila ada calon pembeli yang bisa membayar rumah secara cash atau bersedia membayar DP lebih besar,” tandasnya.

Agar bisa mendapatkan rumah dengan harga terbaik, calon pembeli bisa melakukan riset terlebih dulu baik melakukan pencarian ke situs jual beli rumah atau berkunjung langsung ke kantor developer.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com