Kompas.com - 05/04/2022, 19:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta masih dihantui ancaman tenggelam. Seiring terjadinya penurunan muka tanah serta ditambah kenaikan air laut karena dampak dari perubahan iklim.

Nasib Jakarta yang berpotensi tenggelam atau terendam air juga diamati oleh perusahaan infrastruktur terapung asal Singapura yakni FlexBase International.

"Jakarta di Indonesia dan Bangkok di Thailand perlahan tenggelam, menempatkan keduanya ada risiko banjir yang lebih besar karena cuaca ekstrem dan perubahan iklim," ujar Co-founder & CTO of FlexBase International, Jan Willem Roël, kepada Kompas.com, Selasa (05/04/2022).

Baca juga: Jakarta Bisa Setop Pakai Air Tanah jika Tiga Proyek Ini Kelar Dibangun

Dia melihat, melihat ibu kota seperti Jakarta dan Bangkok memang sedang terancam banjir yang besar. Karena perubahan iklim yang membuat naiknya muka air laut.

Kelangkaan lahan juga memaksa populasi global untuk berkonsentrasi di daerah perkotaan. Seringkali terletak di garis pantai, baik sejajar atau di bawah permukaan laut.

"Saat permukaan air laut naik, ini menempatkan sebagian besar populasi global pada risiko terlantar akibat banjir," imbuhnya.

Khusus untuk Jakarta, menurut Jan Willem Roël, Pemerintah Indonesia memang telah berkomitmen untuk memindahkan ibu kota negara.

Namun, proyek tersebut akan memakan waktu puluhan tahun dan membutuhkan investasi puluhan miliar dolar.

Selain itu, memindahkan seluruh ibu kota bukanlah tugas yang mudah, melibatkan perpindahan banyak orang.

"Dan prospek suatu hari nanti bangunan (yang ditinggalkan) akan tenggelam secara permanen di bawah permukaan laut yang naik," tandasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.