Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Digunakan pada Interior, Kenapa Warna Coklat Begitu Disukai?

Kompas.com - 04/04/2022, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber thespruce

JAKARTA, KOMPAS.COM - Warna coklat banyak dijumpai pada desain interior rumah hingga kafe. Namun, kenapa warna ini begitu disukai?

Pricipal Designer Insert Design Studio Jenna Schumacher menjelaskan, coklat adalah warna klasik yang cocok digunakan untuk hampir semua palet.

“Saat ini, ada pergeseran dari abu-abu dingin dan putih cerah ke nada yang lebih hangat seperti coklat, karat, dan hijau,” ujar Schumacher, dilansir dari The Spruce, Senin (4/4/2022).

Mendukung pernyataan tersebut, CEO sekaligus Founder A1000xBetter Kirsten Blazek menyebutkan warna coklat adalah warna netral.

Baca juga: Tips Sukses Mengecat Interior Rumah dengan Warna Hitam

Warna coklat dapat melakukan banyak pekerjaan berat di sebuah ruangan dan cocok digunakan pada semua bahan.

"Ini benar-benar dapat menambahkan banyak tekstur dan lapisan ke ruang," ungkap Blazek.

Sementara itu, konsultan desain di Hudson Design Bea Copeland menjelaskan, coklat berlimpah di alam sehingga warna ini mampu bekerja dengan baik di seluruh tekstur dan bergaya naturalistik.

Ilustrasi kafe.UNSPLASH/HARITH IRFAN WAHID Ilustrasi kafe.
"Coklat berlimpah di alam, jadi menemukan cara untuk menggabungkan warna dalam bentuk alaminya akan selalu terlihat istimewa," ungkapnya.

Bahkan, sebagian besar desainer mengatakan tidak perlu khawatir untuk mencari pasangan warna yang tepat untuk coklat karena hampir semua warna akan cocok.

Baca juga: Cat Dinding Warna Putih, Pilihan Tepat untuk Bikin Ruangan Tampak Luas

Akan tetapi, karena warna coklat dapat memengaruhi seluruh ruangan, penting untuk memilih jenis warna coklat dengan benar.

Triknya adalah dengan menilai seluruh ruangan dengan saksama. Misalnya, saat Anda memasang lantai kayu dan lemari, pilih beberapa warna yang lebih terang atau gelap.

Desainer dari Arterberry Cooke, Alice Arterberry dan Barrett Cooke, menyarankan untuk memulai dengan lantai coklat sedang.

Kemudian, geser penggunaan warna coklat ke pilihan yang lebih terang atau gelap untuk perabotan lain sebagai sebagai sentuhan akhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber thespruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com