Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Minta Kondisi Jalan Tol Bagus Jelang Lebaran, Ini Persiapan Hutama Karya

Kompas.com - 02/04/2022, 20:08 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Hutama Karya (Persero) menyatakan akan mendukung penuh arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait persiapan pelayanan mudik Lebaran Tahun 2022.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menegaskan hal ini kepada Kompas.com, Sabtu (2/4/2022).

"Hutama Karya berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan tol yang dikelola, khususnya saat mudik Lebaran mendatang," ungkap Tjahjo.

Dia membeberkan pelayanan Hutama Karya menjelang mudik lebaran yaitu memastikan kondisi jalan tol yang dikelola layak dilintasi dan perbaikan selesai dilakukan.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Menteri PUPR Minta Jalan Tol dalam Kondisi Bagus

Terutama di ruas-ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang paling sering dilintasi oleh pemudik seperti Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Palembang-Indralaya (Palindra, dan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

Kemudian, memastikan untuk fokus pada Optimalisasi Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi alias OPOT dengan melakukan pemeliharaan secara rutin dan penanaman pohon secara berkala.

Perseroan juga berfokus pada kualitas pengoperasian jalan tol dan rest area yang dikelola dengan memberikan fasilitas-fasilitas tambahan.

Contohnya, menyediakan kantong parkir agar tidak terjadi antrian di penyebrangan pelabuhan menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan mengingat saat ini tiket kapal sudah bisa dipesan melalui daring.

Selanjutnya, menambahkan petugas siaga, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi dan melakukan penambahan SPBU modular di beberapa tempat, dan menyediakan mobil ATM berjalan demi memudahkan transaksi pengguna jalan.

Hutama Karya juga menambah fasilitas lainnya yaitu toilet portabel, pos kesehatan dan pos pantau yang bekerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah Setempat, serta berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memastikan tidak terjadinya kepadatan.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan agar setiap jalan tol berada dalam kondisi bagus menjelang mudik Lebaran 2022 agar dapat digunakan oleh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com