Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Lebaran 2022, 130 Rest Area Siap Digunakan Pemudik

Kompas.com - 28/03/2022, 20:36 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2022, pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR telah menyediakan 130 unit rest area.

Keberadaan rest area merupakan salah satu bentuk pelayanan dari BPJT beserta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna tol.

"Di setiap rest area, akan diterapkan physical distancing dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 tetap terlaksana,” ujar Kepala BPJT, Danang Parkesit seperti dikutip dari situs resmi BPJT. 

Selain itu, Danang mengatakan kapasitas parkir maksimum di rest area juga akan dibatasi sebesar 50 persen dari jumlah total kendaraan. 

Baca juga: Fasilitas 92 Rest Area di Jalan Tol Pulau Jawa Tuntas Ditata

Waktu singgah pengunjung juga akan dibatasi untuk meminimalkan terjadinya kerumunan di rest area.

Di setiap rest area, petugas operasional dan pos pengamanan akan terus disiagakan. Sementara untuk dan manajemen pengelolaan antisipasi kepadatan kendaraan, BPJT menggandeng pihak kepolisian.

Saat ini telah tersedia 130 rest area di seluruh jalan tol yang ada di Indonesia dan siap dimaksimalkan fungsinya.

Di Tol Trans Jawa, mulai dari Merak hingga Probolinggo terdapat 79 rest area yang terdiri dari 38 rest area Tipe A, 33 rest area Tipe B, dan 8 rest area Tipe C.

Baca juga: Mengembalikan Wisata Gunung Mas Puncak, Rest Area Ditata

Sedangkan rest area yang berlokasi di jalan tol Non Trans Jawa berjumlah 17 unit di mana 15 diantaranya merupakan Tipe A dan 2  lainya adalah Tipe B.

Kemudian terdapat 21 rest area di Tol Trans Sumatera mulai Bakauheni hingga Palembang yang terdiri dari 17 rest area Tipe A dan 4 rest area Tipe B.

Selanjutnya, jumlah rest area yang ada di ruas tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, Medan - Binjai, Pekanbaru - Dumai, Palembang - Indralaya, Balikpapan – Samarinda sebanyak 16 unit.

Jumlah tersebut terdiri dari 7 rest area Tipe A, 1 rest area Tipe B, dan 8 rest area Tipe C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com