Kompas.com - 20/03/2022, 05:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika tengah berlangsung mulai Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

Sejumlah pebalap akan menunjukkan kepiawaiannya mengendarai motor di lintasan sepanjang 4,31 kilometer, dan memiliki 17 tikungan.

Namun, ada yang unik di tikungan ke-15 dan 16. Di sana terlihat motif tenun yang memadukan warna merah, putih dan hijau.

Baca juga: Lintasan Baru Dipuji Pebalap, Begini Teknologi Aspal Sirkuit Mandalika

Seperti dilansir dari akun instagram Kementrian PUPR, motif berbentuk huruf T yang saling terhubung ini biasanya terdapat di tepi kain tenun sasak.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian PUPR (@kemenpupr)

Hadirnya motif tersebut di lintasan merupakan upaya memperkenalkan seni tenun sebagai salah satu warisan budaya Suku Sasak ke kancah Internasional.

Dikutip dari “Tenun Sasak in Indonesian Legal Discourse: From Cultural Heritage to Local Economic Booster” yang ditulis oleh Dwi Martini, Budi Sutrisno dan Kurniawan,  diketahui suku Sasak memiliki lebih dari 15 motif tenun ikat.

Setiap motif yang di buat menggambarkan nilai spiritual dan sosial yang ada dan berkembang dalam komunitas suku asli Lombok ini. 

Motif Subahnale misalnya memiliki pola melingkar dan berwarna-warni, menggambarkan hubungan antara Tuhan dan manusia.

Baca juga: Ini Arsitek di Balik Indahnya Sirkuit Mandalika

Sementara motif Kembang Komak yang secara harafiah berarti kacang hijau, memiliki pola garis lurus dengan dua warna yakni hitam dan putih atau hijau dan putih.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR memang kerap memasukan unsur budaya dalam berbagai desain infrastruktur yang mereka kerjakan.

Misalnya saja motif batik Parijotho yang disematkan pada fasad rumah susun (rusun) ASN di Sleman, Yogyakarta.

Ada juga sarana hunian pariwisata (Sarhunta) di NTB yang memiliki bentuk atap seperti atap bale lumbung, yakni tempat penyimpanan hasil panen masyarakat suku Sasak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.