Usung Konsep Forest City, Pembangunan IKN Diawali Rehabilitasi Hutan

Kompas.com - 15/03/2022, 21:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan diawali dengan merehabilitasi hutan yang ada di sekitar kawasan.

Hal ini dilakukan pemerintah mengingat salah satu konsep perkotaan IKN Nusantara yakni Forest City atau Kota Hutan. Sehingga ekosistem hutan akan dijaga agar alamnya tetap lestari.

"Konsep IKN ini adalah Kota Hutan. Hutan akan dibiarkan hijau seperti ini. Tapi ini yang ada di IKN adalah hutan tanaman industri yang monokultur, homogen tanamannya, setiap tujuh tahun ditebang," ujar Jokowi dalam unggahan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/03/2022).

Baca juga: Mengupas Kriteria Smart Forest City, Disebut Jadi Konsep IKN Nusantara

Untuk itu, pemerintah akan merehabilitasi hutan di kawasan IKN Nusantara agar tanamannya tidak monokultur dan mengembalikan fungsinya menjadi hutan tropis.

Apalagi kini telah dibangun Pusat Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Persemaian ini dalam 6-7 bulan ke depan diharapkan dapat memproduksi 15-20 juta bibit pohon yang terdiri dari kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan.

"Dari situlah kita tanam untuk rehabilitas hutan yang ada di IKN Nusantara ini. Jadi tanamannya endemik yang mampu menarik hewan untuk masuk, burung-burung untuk masuk, kupu-kupu untuk masuk," pungkasnya.

Perihal pengembangan IKN Nusantara yang mengusung konsep Forest City setidaknya telah tertuang dalam Lampiran Undang-Undang (UU) No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Mengutip dari beleid tersebut, berikut beberapa prinsip Kota Hutan untuk Kawasan IKN Nusantara seluas kurang lebih 56.180 hektar:

1. Konserarasi Sumber Daya Alam daa Habitat Satwa

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.