Bypass BILL-Mandalika Jadi Percontohan Jalan Nasional, Begini Penampakannya

Kompas.com - 15/03/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika mesti menjadi percontohan untuk jalan nasional di Indonesia.

Menurutnya, jalan sepanjang 17,3 kilometer yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada November 2021 ini telah dilengkapi dengan pembatas jalan hingga area hijau di sepanjang jalannya.

Baca juga: Jelang MotoGP, Jalan Bypass BIL-Mandalika Lebih Hijau dan Rimbun

"Jalan yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada November 2021 lalu ini mesti menjadi percontohan bagi jalan nasional yang ideal di Indonesia," kata Basuki seperti dikutip dari laman instagram @kemenpupr, Selasa (15/03/2022).

Jalan Bypass BIL-MandalikaKementerian PUPR Jalan Bypass BIL-Mandalika
Jalan Bypass BIL-Mandalika dibangun untuk mendukung event ajang balap MotoGP pada Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.

Keberadaan jalan ini mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

Karena itu, Kementerian PUPR juga melakukan penataan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL-Mandalika STA 17.363 hingga Jalan nasional Sengkol-Kuta, termasuk akses utama menuju Sirkuit Mandalika.

Jalan Bypass BIL-MandalikaKementerian PUPR Jalan Bypass BIL-Mandalika

Penataan dilakukan melalui penghijauan, beautifikasi, penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu jalan, drainase hingga penanganan lereng atau tebing pada 14 bukit yang dilalui untuk mengurangi risiko longsor, misalnya menggunakan teknik hidroseeding.

Selanjutnya, dilakukan juga pelebaran jalan secara bertahap dengan menambah empat lajur dilengkapi median jalan beserta penataannya. Ditargetkan pada Maret 2022 sudah selesai.

Sementara untuk tebing dengan struktur bebatuan yang dibiarkan alami, diberi label jenis-jenis batuan dan penjelasan mekanika batuan, sehingga bisa menjadi lokasi edukasi bagi masyarakat.

"Penghijauan bisa dilakukan dengan pohon atau tanaman bunga untuk beautifikasi sehingga lebih terlihat lembut. Kita harus lebih baik, harus detail betul pada finishing, kita punya sumber dayanya," imbuh Basuki.

Jalan bypass dilengkapi dua jembatan, 11 overpass dan tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar.

Pembangunannya terdiri dari tiga paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 705 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.