Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Ubin atau Cat untuk Dinding Kamar Mandi Anda?

Kompas.com - 12/03/2022, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Cat bukanlah satu-satunya pilihan penutup dinding untuk kamar mandi Anda. Banyak orang yang juga menggunakan ubin.

Kedua material ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing sehingga perlu dipertimbangkan ketika hendak memasangnya di kamar mandi Anda.

Memilih ubin sebagai dinding kamar mandi memang akan butuh waktu pengerjaan yang lebih lama bila dibandingkan dengan proses pengecatan.

Baca juga: Begini Cara Memilih Cat yang Tepat untuk Kamar Mandi

Namun begitu terpasang, ubin kamar mandi akan bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan dinding yang dicat.

Anda juga tak perlu repot-repot menganggarkan biaya pengecatan rutin kamar mandi setiap tahunnya.

Ubin juga menjadi solusi untuk dipasang pada kamar mandi dengan tingkat kelembaban tinggi.

Meskipun ubin dinding kamar mandi tidak bisa mencegah timbulnya jamur, namun akan lebih mudah dibersihka bila dibandingkan dengan dinding yang dicat.

Cat dapat terkikis dan berubah warna jika terkena kelembapan dalam waktu lama. Bila hak ini terjadi, maka nodanya akan sangat sulit untuk dihilangkan bahkan ketika dicat ulang sekalipun.

Jika Anda tidak ingin mengecat ulang kamar mandi Anda secara teratur agar sesuai dengan tren gaya musim, ubin kamar mandi adalah alternatif yang masuk akal.

Sayangnya ubin tidak bisa sering diganti seperti halnya cat. Apalagi biaya pemasangan dan pembongkarannya cukup mahal.

Dengan tren yang terus berubah, cukup sulit untuk memilih desain ubin kamar mandi yang bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Cobalah memilih desain ubin kamar mandi yang netral dan kemudian ubah skema warna furniturr. Ini adalah cara murah untuk menjaga kamar mandi Anda tetap bergaya, tanpa harus merombak total.

Cat mungkin memang praktis untuk membuat kamar mandi Anda tampak baru. Namun dari segi masalah biaya dan pencegahan kelembaban, ubinlah yang lebih unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com