Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Siapkah Anda Beli Rumah? Jawab Pertanyaan Ini Dulu, Ya!

Kompas.com - 12/03/2022, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan mungkin adalah rencana sebagian orang, terlebih bagi mereka yang sedang berada di usia produktif.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019, sebanyak 81 juta milenial di Indonesia belum memiliki rumah sendiri.

Dari survei yang dilakukan kepada 3.007 responden, terungkap bahwa sebagian besar milenial sudah memikirkan untuk membeli rumah.

Adapun alasannya, sebanyak 28,63 persen milenial berpendapat belum menemukan rumah yang tepat sedangkan sebanyak 24,92 persen lain beranggapan belum mampu secara finansial.

Namun, bagi Anda yang memang sudah mampu secara finansial dan siap untuk membeli rumah, pastikan keputusan tersebut melalui serangkaian pertanyaan berikut.

Baca juga: Kota Depok Catat Kenaikan Indeks Harga Rumah Tertinggi di Jabodetabek

1. Apakah Anda siap secara finansial?

Melansir Architectural Digest, Jumat (11/3/2022), kesiapan finansial yang dimaksud bukan sekadar memiliki uang yang cukup untuk uang muka pembelian rumah saja.

Pasalnya, masalah finansial ketika membeli rumah jugga mencakup pembayaan pajak, asuransi, biaya utilitas, biaya perawatan taman dan lain sebagainya.

“Sebelum Anda mulai melihat rumah, lihat keuangan Anda. Inilah saatnya untuk bersikap seonjektif mungkin dan memahami di mana Anda berdiri,” ujar pakar tren konsumen Opendoor Beatrice de Jong.

2. Berapa anggaran yang Anda miliki?

Terkait hal ini, jangan mudah tergoda oleh tempat yang tidak mampu Anda beli dan mungkin akan memerlukan pengorbanan orang lain.

Anda harus waspada terhadap hal-hal yang tidak dapat dinegosiasikan serta batasan keuangan yang Anda miliki.

Baca juga: Yuk, Berburu Rumah Murah di Pinggiran Kampung Halaman Presiden

Beatrice menyarankan untuk menggunakan kalkulator hipotek untuk mendapatkan ide rumah mana yang Anda mampu beli sembari menyisakan tabungan untuk keperluan lain.

3. Bagaimana Anda akan hidup?

Hal ini terkait dengan akses di sekitar rumah yang akan Anda beli.

Jangan terburu-buru memutuskan untuk membeli rumah hanya karena menyukai kesan pertama yang diberikan ketika survei. Pelajari dengan baik wilayah tersebut mengingat rumah adalah investasi jangka panjang.

4. Bagaimana perasaan Anda pada lokasi itu?

Ini mencakup kenyamanan pemilik rumah terhadap tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya.

“Saran yang selalu saya berikan kepada orang-orang, entah ini pertama kalinya mereka membeli atau mereka yang lebih berpengalaman, adalah percaya pada insting Anda. Anda akan merasakan ketika suatu tempat bisa menjadi rumah Anda,” tutur agen real estat di Boston Ricardo Rodriguez.

Baca juga: Cek di Sini, Pilihan Rumah Murah di Bekasi Mulai Rp 150 Jutaan

5. Apakah Anda telah melakukan riset dengan benar?

Menurut survei Opendoor yang dilakukan oleh Wakefield Research, 35 pesen pembeli rumah pertama kali berharap mereka melakukan lebih banyak penelitian sebelum membeli rumah mereka.

“Pastikan Anda telah melihat semua yang perlu diketahui tentang area tersebut, dan apa yang harus diwaspadai saat berkeliling rumah. Dan tetap terbuka untuk semua opsi,” pungkas Beatrice.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com