Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Penuh Akhir Tahun, LRT Jabodebek Fase 1 Tembus 90 Persen

Kompas.com - 11/03/2022, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek Fase 1 telah mencapai 90 persen penyelesaian per Jumat (25/2/2022).

Coporate Secreatry PT Adhi Karya Farid Budiyanto menyampaikan, terdapat tiga lintas pelayanan yang tengah dibangun, yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Dukung Atas dan Cawang-Bekasi Timur.

Untuk rinciannya, lintas pelayanan Cawang-Cibubur tercatat mencapai 94,5 persen, Cawang-Dukuh Atas 89,1 persen dan Cawang-Bekasi Timur 92,9 persen.

Adapun pembangunan Kawasan Depo Bekasi Timur telah mencapai progres fisik sekitar 72,5 persen yang meliputi maneuver track, transfer track dan gedung pengendali utama yang siap diserah terimakan ke PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Kawasan ini akan berperan sentral dalam operasional LRT Jabodebek Fase 1 dan diperkirakan akan rampung pada bulan April, Juni atau Juli 2022.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ketahui Beda Rute LRT Jakarta dan LRT Jabodebek

Nantinya, seluruh kereta LRT yang tergabung dalam rute Fase 1 akan melakukan perawatan dan pengendalian yang terpusat di Kawasan Depo.

“Adapun hal-hal lain yang sedang kita coba selesaikan adalah gedung light maintenance untuk perawatan-perawatan kecil, seperti kebersihan kereta dan lain-lain,” jelas Farid, dilansir dari Antara, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, pihak pengelola juga sedang mengejar pembangunan gedung heavy maintenance di area belakang.

Lebih lanjut, pembangunan stabling building atau tempat parkir LRT hanya tinggal satu sampai dua persen penuntasan.

Jika berjalan sesuai target, LRT Jabodebek akan melangsungkan soft launching pada Agustus 2022 dan beroperasi penuh pada akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com