Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.425 Kendaraan Lintasi GT Bakauheni Selatan Tol Bakter Saat Libur Isra Miraj

Kompas.com - 09/03/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat kenaikan trafik lalu lintas (lalin) kendaraan sebesar 27,84 persen di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) pada libur panjang Isra' Miraj, tepatnya Sabtu (26/2/2022).

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama
Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, pada momen tersebut, 6.425 kendaraan melewati GT Bakauheni Selatan di Tol Bakter.

Menurut Dwi, trafik lalin yang signifikan itu justru lebih tinggi bila dibandingkan saat libur Hari Raya Nyepi (3/3/2022) yang hanya naik 18,93 persen.

"Lonjakan kendaraan dari dari Jawa menuju Sumatera via Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada saat perayaan Isra Mi’raj jauh lebih signifikan pada Sabtu (26/2/2022) sebanyak 6.425 kendaraan yang masuk via GT Bakauheni Selatan, melonjak hingga 27,84 persen dari LHR normal," jelas Dwi dalam rilis, Selasa (8/3/2022).

Peningkatan juga terjadi pada saat arus balik dari JTTS menuju Pulau Jawa yang keluar lewat exit toll (pintu keluar) GT Bakauheni Selatan pada Senin (28/2/2021).

Baca juga: Libur Isra Miraj, 7.000 Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Ini meningkat hingga 39,33 persen dari rata-rata trafik normal atau sebanyak 5.904 dari biasanya 4.238 kendaraan.

Saat ini, Hutama karya telah menerapkan sistem tilang elektronik di Tol Bakter sehingga pengguna jalan diimbau untuk dapat lebih menaati tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Dwi menuturkan, dengan adanya tilang ETLE ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Dikarenakan dengan sistem tersebut, apabila pengguna jalan terdeteksi oleh kamera ETLE melanggar lalin akan secara otomatis tertilang dan dokumen tilangnya akan langsung dikirimkan ke alamat pengguna jalan.

Sejak diterapkan, sudah ada beberapa kendaraan yang terkena tilang ETLE. Namun, untuk detailnya, dapat langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Hutama Karya juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) untuk taat berkendara di jalan tol.

Kemudian SETUJU untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol, SETUJU untuk turunkan
fatalitas kecelakaan di jalan tol, SETUJU untuk tertib Over Dimensi menuju zero overload di
jalan tol dan SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com