Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Rumah di Luar Negeri, Tengok Tips Penting Berikut Ini

Kompas.com - 19/02/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Bagi sebagian orang dengan kepentingan khusus, membeli rumah di luar negeri mungkin menjadi pertimbangan penting untuk dilakukan.

Selain sebagai tempat tinggal bagi mereka yang bekerja di sana, pembelian rumah di luar negeri juga bisa mempunyai tujuan yang beragam, misalnya untuk investasi properti atau bahkan sekadar liburan.

Melansir pemberitaan Kompas.com, Jumat (18/2/2022), sebelum memutuskan untuk membeli rumah di luar negeri, Anda harus mencari aturan dan undang-undang di negara tersebut terlebih dahulu.

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda terkait jual beli properti tanah maupun rumah untuk warga negara asing.

Meskipun diperbolehkan, terkadang warga negara asing tetap memiliki keterbatasan dan tidak memiliki hak yang sama seperti warga lokal dalam kepemilikan rumah.

Baca juga: Trik Menangkal Bujuk Rayu Pengembang Bodong Saat Beli Rumah

Ada baiknya untuk membaca seluruh aturan dengan teliti sebelum Anda menghubungi pemiliki properti di negara tujuan.

Kemudian, identifikasi lagi tujuan dan kebutuhan pembelian rumah di luar negeri. Misalnya ketika Anda membeli rumah untuk tujuan berbisnis sedangkan terdapat aturan yang melarang orang asing untuk membuka bisnis di negara tersebut.

Perhatikan pula terkait lokasi spesifik rumah yang akan dibeli dengan dampak yang diberikan kepada Anda. Setelah itu, tinggal dalam kurun waktu sedikit lebih lama di negara yang Anda incar.

Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan pertimbangan ulang dan mengunjungi properti lain yang sedang dijual, memahami pasar dan mendapatkan pengalaman atau simulasi hidup seperti warga lokal.

Setelah itu, pekerjakan tim profesional yang berpengalaman untuk membantu proses transaksi jual beli rumah Anda.

Baca juga: Beli Rumah Bekas, Ini yang Harus Dipertimbangkan

Tim profesional akan membantu pencari hunian untuk memahami peraturan dan syarat apa saja yang harus ditempuh untuk membeli rumah.

Anda mungkin juga membutuhkan penerjemah terakreditasi untuk menerjemahkan dokumen secara legal serta pengacara real estat untuk memastikan semua proses berjalan dengan baik.

Ini menjadi penting karena bahkan di beberapa negara mewajibkan pembeli untuk menyewa jasa hukum, seperti notaris untuk menyelesaikan transaksi.

Terakhir, pertimbangkan konversi mata uang dengan menggunakan broker mata uang. Broker mata uang adalah perusahaan yang berdedikasi untuk menemukan harga terbaik dan membuat seluruh proses menjadi lebih mudah.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru ketika mengambil keputusan membeli rumah di luar negeri. Lakukan riset secara mendalam daripada harus menyesal di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com