Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Risiko Septic Tank yang Tidak Pernah Disedot?

Kompas.com - 16/02/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com Septic tank adalah tangki kedap air yang digunakan untuk menampung serta mengolah limbah kotoran manusia yang umumnya dimiliki setiap rumah dan terletak di bawah tanah.

Tangki ini dibuat dengan tujuan agar kebersihan dan kesehatan lingkungan tetap terjaga, sehingga harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan risiko buruk untuk penghuni rumah.

Lalu, apa risiko jika septic tank tidak pernah disedot atau dikelola dengan baik?

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (15/2/2022), Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta Raya (PD PAL Jaya) Aris Supriyanto mengatakan, septic tank yang tidak pernah disedot dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kebocoran.

Sedangkan rembesan septic tank ke tanah bisa mencemari air karena tangki ini mengandung puluhan miliar mikroba yang berisiko mencemari sumber air.

Baca juga: Simak, Ini Alasan Mengapa Septic Tank Bisa Meledak

Pencemaran tersebut memiliki potensi yang lebih besar terlebih jika septic tank terletak dekat dengan sumber air di rumah.

“Jadi akibatnya bakteri E-Coli akan mencemari air yang kita gunakan sehari-hari di rumah, jelas Aris kepada Kompas.com, Selasa (21/12/2022).

Selain itu, septic tank juga bisa mengalami kebocoran jika konstruksi tangkinya tidak dibuat dengan baik dan tidak memenuhi syarat teknis.

Karenanya, pembuatan septic tank harus dilakukan dengan cermat, hati-hati dan selalu mengikuti prosedur pengerjaan yang telah dibuat oleh ahli.

Sayangnya, letak septic tank yang tidak terlihat dan fungsinya yang hanya sebatas penampung limbah kotoran sering kali membuat pemiliknya merasa abai untuk melakukan pengelolaan.

“Sedot lumpur septic tank itu seharusnya dilakukan secara berkala, setidaknya satu kali dalam satu tahun,” Aris kembali menjelaskan.

Baca juga: Septic Tank Konvensional Paling Banyak Digunakan

Untuk wilayah Jakarta, jasa sedot septic tank bisa dilakukan oleh PAL Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Air limbah septic tank nantinya akan diangkut oleh truk khusus dan disalurkan ke Instaasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Duri Kosambi atau Pulo Gebang.

Kemudian limbah tersebut akan diolah menjadi air hasil olahan baku mutu sebelum dibuang ke badan air ataupun dilepas ke lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com