Kompas.com - 14/02/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sedang mempersiapkan pengerjaan track laying (instalasi rel) untuk mempercepat penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Presiden Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan, persiapan alat pemasangan rel sudah dilakukan untuk pekerjaan instalasi rel.

"Satu unit diesel locomotive (lokomotif diesel) sudah dilakukan tes dan bisa beroperasi dengan baik," terangnya dikutip dari Antara, Senin (14/2/2022).

Dwiyana menjelaskan, ada empat unit lokomotif diesel lainnya, 76 flat car dan 16 hopper car juga nantinya dapat menunjang proses pekerjaan tersebut.

Menurut dia, progres pengerjaan instalasi rel tidak hanya terlihat pada kesiapan peralatan instalasi.

Sebab, seluruh equipment (peralatan) seperti slab track (bantalan rel beton), ballast, dan pengelasan rel pun sudah hampir rampung.

Sebelumnya, sebanyak 24.606 bantalan rel beton dari total 30.117 unit yang dibutuhkan untuk KCJB sudah selesai diproduksi.

Bantalan rel beton yang dibuat ini merupakan salah satu hasil dari transfer teknologi yang terjadi selama proses pembangunan KCJB dari kontraktor asal China pada kontraktor Indonesia.

Baca juga: IKN Pindah ke Kaltim, Potensi Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berkurang?

Terkait lintasan kereta cepat berjenis ballast, imbuh Dwiyana, pihaknya memiliki dua ballast factory dengan kapasitas hingga 20.000 meter kubik per bulan di Sumedang dan Cianjur.

Hingga saat ini, produksi ballast di kedua pabrik ini sudah mencapai 300.000 meter kubik lebih.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.