Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Tol Bakter dan Terpeka Masih Tanggung Jawab Kontraktor, Siapa Saja?

Kompas.com - 03/02/2022, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menegaskan, ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung masih dalam masa pemeliharaan hingga dilakukannya final hand over (FHO).

Dengan begitu, perbaikannya masih menjadi tanggung jawab main contractor (kontraktor utama).

"Karena belum FHO, pemeliharaan masih dilakukan oleh kontraktor utama," ucap Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Misalnya, pemeliharaan di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) mulai dari KM 0+00 hingga 140+410) dilaksanakan oleh empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi.

Keempatnya adalah PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Sementara di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) mulai dari KM 140+410 hingga 330, pemeliharaan menjadi tanggung jawab kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: Hati-hati, Januari-April 2022 Ada Perbaikan Besar-besaran di Tol Terpeka dan Kapal Betung

Penyelesaian pemeliharaan ini ditargetkan tuntas April tahun 2022 sesuai dengan yang ditentukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Untuk memenuhi target penyelesaian tersebut, maka Hutama Karya melalui anak usahanya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), membantu perbaikan di Tol Terpeka.

Koentjoro juga menegaskan, Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) mulai dari Lampung hingga Palembang, konsesi yang diberikan kepada Hutama Karya adalah Tol Bakter, Tol Terpeka, dan Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Sedangkan, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung), konsesinya dimiliki oleh PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) yang merupakan anak usaha dari PT Waskita Toll Road (WTR).

Sehingga, pengoperasian dan pemeliharaan dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut.

“Tidak semua ruas JTTS dibangun dan dikelola oleh Hutama Karya. Saat ini, kami fokus
memperbaiki ruas yang terdapat titik-titik kerusakan dan memantau pemeliharaan pada ruas-ruas yang dikelola," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com