Perbaikan Tol Bakter dan Terpeka Masih Tanggung Jawab Kontraktor, Siapa Saja?

Kompas.com - 03/02/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menegaskan, ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung masih dalam masa pemeliharaan hingga dilakukannya final hand over (FHO).

Dengan begitu, perbaikannya masih menjadi tanggung jawab main contractor (kontraktor utama).

"Karena belum FHO, pemeliharaan masih dilakukan oleh kontraktor utama," ucap Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Misalnya, pemeliharaan di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) mulai dari KM 0+00 hingga 140+410) dilaksanakan oleh empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi.

Keempatnya adalah PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Sementara di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) mulai dari KM 140+410 hingga 330, pemeliharaan menjadi tanggung jawab kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: Hati-hati, Januari-April 2022 Ada Perbaikan Besar-besaran di Tol Terpeka dan Kapal Betung

Penyelesaian pemeliharaan ini ditargetkan tuntas April tahun 2022 sesuai dengan yang ditentukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Untuk memenuhi target penyelesaian tersebut, maka Hutama Karya melalui anak usahanya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), membantu perbaikan di Tol Terpeka.

Koentjoro juga menegaskan, Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) mulai dari Lampung hingga Palembang, konsesi yang diberikan kepada Hutama Karya adalah Tol Bakter, Tol Terpeka, dan Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Sedangkan, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung), konsesinya dimiliki oleh PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) yang merupakan anak usaha dari PT Waskita Toll Road (WTR).

Sehingga, pengoperasian dan pemeliharaan dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut.

“Tidak semua ruas JTTS dibangun dan dikelola oleh Hutama Karya. Saat ini, kami fokus
memperbaiki ruas yang terdapat titik-titik kerusakan dan memantau pemeliharaan pada ruas-ruas yang dikelola," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.