Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Imlek Timbulkan Kerumunan di Mall Festival Citylink Bandung, Ini Kata Pengelola

Kompas.com - 02/02/2022, 21:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video kerumunan massa terjadi di Mall Festival Citylink Bandung dalam perayaan Hari Raya Imlek, Selasa (01/02/2022).

Dalam video yang diunggah oleh akun twitter @KakaKeyo itu terlihat ribuan orang meramaikan acara atraksi Barongsai di mall tersebut.

"Pagi-pagi lihat grup ada beginian, sebel banget loh, nggak tau ini di mana belum ada konfirmasi. Fixed meledak lebih cepat nih 3rd waves," seperti dikutip lewat cuitannya yang diunggah pada Selasa (02/02/2022). 

https://twitter.com/KakaKeyo/status/1488697451473412096?t=SuAk0SERyxgP-VtUu0zvHQ&s=09

Marcomm Manager Mall Festival Citylink Bandung Deni Setiawan tak menampik terjadinya kerumunan selama acara berlangsung. 

Menurutnya, pengelola telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memecah trafik  pengunjung agar tidak terjadi kerumunan dengan membagi atraksi dalam tiga sesi yakni pukul 15.00 WIB, 17.00 WIB, dan 19.00 WIB.

Baca juga: Simak Aturan Lengkap Masuk Mal hingga 24 Januari 2022

"Namun antusiasme pengunjung yang sangat tinggi mengakibatkan kerumunan terjadi, jauh sebelum atraksi dimulai, yang tentu saja diluar perkiraan kami," kata Deni dalam keterangannya, Rabu (02/02/2022).

Pengelola juga terus menerus mengimbau pengunjung untuk menjalankan prokes melalui paging mal dan MC di panggung.

“Kami selalu menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat, setiap pengunjung yang masuk ke dalam mall harus scan barcode terlebih dahulu via aplikasi Pedulilindungi dan wajib memakai masker," ucapnya.

Deni menyebut jumlah total pengunjung yang datang sebenarnya hanya 31 persen dari kapasitas mal, namun dikarenakan berkumpul di satu titik lokasi jadi terlihat penuh sesak.

"Oleh karena itu demi kenyamanan pengunjung, sesi atraksi Barongsai yang awalnya direncanakan berdurasi 45 menit kami persingkat menjadi 10 menit dan untuk sesi ke 3 kami batalkan,” ujarnya.

Festival CityLink Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan dan hiburan keluarga di bagian Barat dan Selatan kota Bandung.

Mal yang beroperasi sejak tahun 2011 ini dikembangkan oleh PT Agung Podomoro Land Tbk, terdiri dari enam lantai retail dan parkir serta satu basement dengan total NLA (Net Leaseable Area) 52.000 meter persegi.

Festival CityLink Mall dilengkapi pula oleh beberapa anchor tenant seperti Lotte Mart, Matahari Dept Store, Informa, Helios Fitness Center, Gramedia, Ace Hardware, Cinema XXI, Toys Kingdom, NAV Family Karaoke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com