Masuk Prioritas Nasional, Tata Ruang Dua Danau di Sumbar Dibenahi

Kompas.com - 29/01/2022, 21:00 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan upaya penyelamatan tata ruang Danau Singkarak dan Danau Maninjau di Sumatera Barat. 

Kedua danau tersebut merupakan bagian dari 15 danau prioritas nasional yang harus diselamatkan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (Dirjen PPTR), Budi Situmorang mengatakan kedua danau tersebut sangat memerlukan upaya pencegahan kerusakan karena danau prioritas nasional merupakan aset bangsa yang harus dijaga untuk generasi yang akan datang.

"Upaya pencegahan yang dapat dilakukan salah satunya melalui penertiban dan pengendalian pemanfaatan ruang," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (29/01/2022). 

Baca juga: Ruang Terbuka Publik Ini Punya Panorama Danau Toba

Danau merupakan salah satu sumber air yang menyangkut hajat hidup orang banyak dan memiliki nilai strategis dari berbagai aspek, baik itu ekonomi, ekologi, sosial budaya maupun ilmu pengetahuan.

Akan tetapi, kondisi sebagian danau di Indonesia saat ini telah mengalami berbagai tekanan yang menyebabkan kelestariannya menjadi terancam dan dapat mengakibatkan kerugian bagi kehidupan masyarakat serta kerugian hilangnya aset negara.

"Adanya kondisi tersebut mendorong dikeluarkannya Perpres Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional guna memulihkan dan mengembalikan kondisi serta fungsi danau," tuturnya. 

Menurut Budi, sangat penting memastikan pemanfaatan ruang di badan air maupun kawasan sekitar danau prioritas nasional agar dilaksanakan sesuai Rencana Tata Ruang (RTR).

Pengendalian pemanfaatan ruang terdiri atas tindakan preventif dan kuratif terhadap pelanggaran pemanfaatan ruang.

Kementerian ATR/BPN juga mengupayakan pengenaan sanksi administratif dengan pendekatan restorative justice, yakni pendekatan dengan fokus pada pemulihan fungsi ruang agar dikembalikan ke fungsi semula (sesuai rencana tata ruang) oleh pelaku pelanggaran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.