Kompas.com - 29/01/2022, 08:00 WIB
Danau Kenanga Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat
Kompas.com/Vitorio MantaleanDanau Kenanga Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan total Barang Milik Negara (BMN) berupa aset tanah dari 12 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) tahun 2022 mencapai Rp 161,30 triliun. 

"Aset tanah dari 12 PTNBH tahun 2022 itu tercatat sebesar Rp 161,30 triliun," kata Direktur Hukum dan Humas DJKA Kemenkeu Tri Wahyuningsih Retno Mulyani dalam keterangannya, Jumat (28/01/2022). 

Menurut Tri, jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua, selain BMN berupa tanah, ada juga kekayaan awal PTNBH berupa aset non-tanah. 

"Selain aset tanah, ada juga aset kekayaan awal PTNBH berupa non-tanah yang totalnya mencapai Rp 22,05 triliun," ujarnya. 

Baca juga: Ini Aset BMN di Jakarta yang Dioptimalisasi untuk Danai Ibu Kota Baru

Tri menjelaskan masing-masing jenis aset baik berupa tanah dan non tanah dikelola dengan mekanisme yang berbeda sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Statuta PTNBH dan PP Nomor 26 tahun 2015.

Tanah pada PTNBH ditatausahakan dalam daftar BMN pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan ditetapkan status penggunaannya pada Kemendikbudristek.

"Tanah dimaksud digunakan sepenuhnya untuk penyelenggaraan tugas dan fungsi Statuta PTNBH. Adapun pemanfaatan tanahnya itu tunduk pada ketentuan pengelolaan BMN." imbuhnya. 

Untuk mendukung penyelenggaraan tugas dan fungsi, PTNBH dapat melakukan pemanfaatan tanah yang masih merupakan BMN dan hasil pemanfaatannya menjadi pendapatan PTNBH.

Pemanfaatan tanah yang menjadi BMN dilaksanakan setelah mendapat persetujuan Menteri Keuangan dan dilaporkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Tanah yang merupakan BMN tidak dapat dipindahtangankan atau dijaminkan kepada pihak lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.