Kompas.com - 28/01/2022, 19:30 WIB
Pembangunan huntap bagi masyarakat terdampak bencana di NTT dan NTB pada April 2021 lalu. Dok. Kementerian PUPRPembangunan huntap bagi masyarakat terdampak bencana di NTT dan NTB pada April 2021 lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR secara bertahap terus menyelesaikan pembangunan hunian tetap (huntap) bagi masyarakat yang terdampak bencana badai siklon tropis seroja dan banjir bandang di NTT dan NTB, pada April 2021 lalu.

Program relokasi permukiman ini dilaksanakan sebanyak 2.214 unit rumah yang tersebar di 20 lokasi di NTT dan NTB. Harapannya masyarakat sudah memiliki rumah baru pada Maret 2022.

Adapun pembangunan huntap di NTT meliputi Kabupaten Lembata 700 unit, Flores Timur (Adonara) 300 unit, Alor 386 unit, Sumba Timur 194 unit, Kota Kupang 173 unit, dan Kabupaten Kupang 169 unit.

Sementara untuk NTB tersebar di Kabupaten Dompu 107 unit dan Bima 185 unit.

Baca juga: Tak Cuma Gempa, Distress Juga Bisa Menyebabkan Bangunan Bergetar

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Penanggulangan Bencana di Provinsi NTT dan NTB Kementerian PUPR Widiarto mengatakan hingga pertengahan Januari 2022 telah menyelesaikan huntap di dua lokasi sebanyak 223 unit.

Yakni di Desa Oyang Barang, Kabupaten Flores Timur 50 unit dan Desa Waisesa, Kabupaten Lembata 173 unit.

Harapannya sampai Februari dapat diselesaikan 12 lokasi lagi. Sisanya 6 lokasi yakni 5 lokasi di Kabupaten Alor dan 1 lokasi di Sumba Timur masih terkendala akses serta kondisi lokasi sangat sulit, terutama pada ketika turun hujan.

"Diharapkan seluruhnya selesai pada bulan Maret 2022," ujar Widiarto dalam keterangan pers, Jumat (28/01/2022).

Hunian untuk masing-masing penerima bantuan berupa rumah tipe 36 dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Di kawasan pembangunan huntap juga dilengkapi prasarana pendukung seperti sarana air bersih dan sanitasi (komunal), fasilitas umum dan fasilitas sosial, jalan lingkungan dan drainase, sambungan listrik rumah dan Penerangan Jalan Umum (PJU), dan tempat sampah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.