Kompas.com - 28/01/2022, 17:00 WIB
Pergudangan Bumi Benowo Gresik, Jawa Timur Bumi BenowoPergudangan Bumi Benowo Gresik, Jawa Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca pandemi, properti logistik atau pergudangan maupun rumah tapak diperkirakan dapat lebih cepat pulih ketimbang sektor properti yang lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Head of Research Development Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam Webinar Prospek Investasi Properti Pasca Pandemi, Jumat (28/1/2022).

“Sektor logistik dan rumah tapak bisa lebih pulih cepat bila dibandingkan dengan apartemen dan sektor properti lainnya,” ungkap Ferry.

Menurut Ferry, pertumbuhan sektor properti di Indonesia sangat tergantung dengan pertumbuhan ekonomi yang saat ini belum begitu baik. Apalagi dalam dua tahun terakhir terjadi pandemi Covid-19.

Baca juga: Bandara Kertajati Disiapkan Jadi Pusat Kegiatan Logistik dan Pemeliharaan Pesawat

Namun, dengan jumlah masyarakat yang divaksin lebih meningkat baik dosis pertama maupun dosis kedua, prospek properti di tahun 2022 diharapkan menjadi lebih baik.

Untuk menghadapi tantangan di pasar properti pasca pandemi, maka para pengusaha harus menjalankan strategi investasi yang tepat.

“Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengidentifikasi kembali peluang kemitraan dengan pemodal untuk memonetisasi sebgain besar kepemilikan. Penguasaan dana untuk meningkatkan nilai properti juga perlu dilakukan,” jelasnya.

Strategi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membeli tanah di lokasi yang stategis guna pengembangan proyek ke depan.

“Para pengusaha di bidang properti juga bisa bermitra dengan pengembang township yang berpengalaman sehingga bisa lebih mudah menjual atau menyewakan produk yang dibangun” jelas Ferry.

Ia menambahkan tren properti selalu berulang dan bila melihat kondisi terkini maka sektor properti bisa memulai recovery sejak tahun 2022 hingga 2024.

“Karena itu mulai dari sekarang, para pengusaha properti harus mulai berinvestasi dan membuat proyek-proyek baru sehingga bisa merasakan puncak kegemilangan sektor properti beberapa tahun mendatang,” tandas Ferry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.