Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Besar dari GBK, Jakarta International Stadium Selesai Maret 2022

Kompas.com - 28/01/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comJakarta International Stadium (JIS) adalah stadion terbesar di Asia dengan rancangan yang mengacu pada Standar Federation International de Football Association (FIFA).

Proyek stadion yang akan selesai sebentar lagi ini memiliki daya tampung penonton melebihi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), yakni mencapai hingga 82.000 penonton.

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo melaporkan pembangunan JIS sudah mencapai 95,23 persen penyelesaian per Rabu (26/1/2022).

"Bagian yang belum terselesaikan adalah area FOP, pekerjaan arsitektur dan interior area bawah tribun serta finishing landscape. Maret 2022 selesai," jelas Arry.

Pihak manajemen proyek menargetkan seluruh pembangunan JIS dapat rampung sesuai target, yaitu pada bulan Maret tahun 2022.

Memiliki banyak keistimewaan, berikut adalah fakta-fakta JIS yang harus Anda ketahui:

Sejarah pembangunan

Pembangunan JIS diketahui memakan waktu selama 11 tahun dengan melibatkan 5 Gubernur Provinsi DKI Jakarta, yaitu Fauzi Bowo (2007-2012), Joko Widodo (2012-2014), Basuki Tjahaja Purnama (2014-2015), Djarot Saiful Hidayat (2017-2017), hingga Anies Baswedan (2017-2022).

Baca juga: Sebentar Lagi Rampung, Ini Sisa Pekerjaan Jakarta International Stadium

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (28/1/2022), JIS adalah proyek jumbo capital intensive, labour intensive dan juga keputusan publik.

Managing Director PDW Architects Prasetyoadi menuturkan bahwa kurun waktu 11 tahun dihabiskan untuk memperhitungkan proses desain dan konstruksi.

Tahun 2010, PDW Architects memenangkan kompetisi desain arsitektur JIS yang dirancang oleh Muhammad Gito Wibowo, Dyah Fatma dan Noer Hidayat Adam.

Pada awalnya, JIS dirancang dengan kapasitas 50.000 penonton yang dilengkapi dengan trek atletik, tidak beratap, dan berlokasi di tengah jalan.

Sedangkan saat ini, JIS dirancang hanya memiliki lapangan sepak bola, atap yang bisa dibuka-tutup dan lokasinya bergeser ke arah barat.

Selanjutnya pada tahun 2012-2013, hasil karya JIS mengalami pengembangan desain, khususnya pada interior yang dirancang oleh PT Arkonin.

Kemudian lima tahun setelahnya, seluruh desain stadion dirancang ulang oleh PT Jakarta Konsultindo, PT Malmass Mira Teknik, Buro Hapold, Timmy Setiawan dan Muhammad Gito Wibowo serta Reza Kaedy dari PDW Architects.

Konstruksi fisik JIS mulai dikerjakan pada 2020 dengan melibatkan tiga kontraktor besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com