UMKM Dapat Tempat 30 Persen di Rest Area Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 27/01/2022, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mewajibkan setiap Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang dikelola, mengakomodasi 30 persen lahan di rest area untuk Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen yang ditunjukkan oleh Hutama Karya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif serta memberikan sumbangan perekonomian yang signifikan.

Selain itu, Hutama Karya juga memberikan harga sewa tenant dengan potongan 50 persen dari harga tenant komersial kepada pegiat UMKM agar masyarakat sekitar JTTS mendapatkan kesempatan untuk menjalankan usaha mereka.

Baca juga: Agar Perjalanan Anda Nyaman, Catat 29 Rest Area Jalan Tol Jasa Marga

“Di samping itu, lalu lintas harian (LHR) di JTTS yang semakin membaik utamanya pada Desember 2021 juga berdampak pada peningkatan ekonomi khusus UMKM di rest area,” jelas Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, dilansir dari siaran pers, Rabu (26/1/2022).

UMKM di rest area Jalan Tol Trans-SumateraHutama Karya UMKM di rest area Jalan Tol Trans-Sumatera
Keberhasilan aktivitas perekonomian juga memerlukan dukungan pembangunan infrastruktur dan akses konektivitas antar wilayah, terutama infrastruktur jalan dan transportasi.

Dalam hal ini, kehadiran JTTS menjadi hal vital bagi pengembangan ekonomi kreatif, khususnya di provinsi-provinsi yang dilintasi.

“Dengan adanya jalan tol, mobilitas penduduk akan meningkat, terjadi penurunan pada biasa distribusi barang dan jasa serta makin cepatnya arus distribusi barang dan jasa,” tambah Koentjoro.

Aspek dukungan kelembagaan dan infrastruktur tersebut dianggap bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kreatif.

Hingga saat ini Hutama Karya telah mengelola sebanyak 25 rest area di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan rest area sementara di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

Secara keseluruhan, terdapat 619 UMKM yang telah beroperasi di ruas-ruas tersebut.

Rinciannya, 187 UMKM di rest area Tol Bakter, 400 UMKM di rest area Tol Terpeka, dan 32 UMKM di rest area Tol Permai.

Dengan demikian, UMKM tersebut menempati porsi 94 persen dari total tenant atau penyewa di seluruh rest area yang dikelola Hutama Karya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.