Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Omicron, JIS Ditutup Sementara untuk Kunjungan Umum

Kompas.com - 26/01/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan kunjungan umum Jakarta International Stadium (JIS) ditutup untuk sementara. Ini dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran virus varian Omicron.

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo mengatakan, penutupan kunjungan umum tersebut dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Sedang dievaluasi kembali untuk memitigasi dan mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan proyek JIS,” jelas Manajer Proyek JIS saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Sebentar Lagi Rampung, Ini Sisa Pekerjaan Jakarta International Stadium

Sebelum akhirnya ditutup sementara, manajemen JIS mengumumkan area stadion itu dibuka untuk umum mulai hari Jumat (14/1/2022), meski proyek pembangunan belum sepenuhnya rampung.

Adapun kunjungan untuk umum itu hanya boleh dilakukan setiap hari Selasa. Arry menjelaskan bahwa kebijakan tersebut diambil agar pengerjaan proyek JIS bisa tetap berjalan secara maksimal.

“Agar bisa fokus dalam akselerasi penyelesaian konstruksi,” tambah Arry.

Selain itu, kunjungan umum yang awalnya direncanakan dapat dilakukan hingga bulan Maret 2022 atau pada saat seluruh konstruksi selesai tersebut hanya diperbolehkan mengakses area hijau, meliputi ramp berat, area lapangan tanding dan ruang konferensi pers.

Untuk diketahui, area JIS terbagi menjadi dua, yakni area hijau dan area merah. Area merah dikatakan masih ditutup karena faktor pengerjaan konstruksi yang sedang berlangsung, sehingga akses ke lokasi tersebut mewajibkan penggunaan alat pelindung diri lengkap.

“Jadi area hijau ini merupakan yang bebas APD karena bebas dari kegiatan konstruksi, baik itu jangkauan tower crane ya,”

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang ingin berkunjung ke JIS melalui formulir online di http://bit.ly/kunjunganJIS.

Sementara untuk saat ini, penyelesaian pembangunan JIS telah mencapai 95,23 persen.

Lebih lanjut, area yang saat ini masih dalam proses penyelesaiaan adalah lapangan utama, pemasangan kursi tribun, finishing area tribun, pekerjaan arsitektur dan area interior area bawah tribun serta finishing landscape kawasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com