Tahun 2022, Uang Ganti Rugi Lahan PSN Dialokasikan Rp 28,84 Triliun

Kompas.com - 26/01/2022, 13:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengucurkan alokasi pengadaan tanah sebesar Rp 28,84 triliun untuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara mengungkapkan hal ini dalam acara Taklimat Media di Jakarta, Selasa (25/12/2022).

"Tahun 2022 kita dapat (pendanaan lahan PSN) Rp 28,84 triliun. Nilai ini adalah bentuk perhatian Pemerintah untuk pembangunan infrastruktur," jelas Qoswara.

Dari jumlah tersebut, sektor jalan tol lagi-lagi mendapatkan porsi pendanaan terbesar yakni Rp 24,09 triliun untuk 34 PSN.

Sementara alokasi kedua dan ketiga yaitu untuk 23 PSN sumber daya air (SDA) senilai Rp 4,45 triliun, dan satu PSN pelabuhan yakni Patimban sejumlah Rp 297 miliar.

Qoswara menuturkan, jumlah ini sebagian besar untuk meneruskan proyek yang sudah dilakukan pendanaannya pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Dana Rp 22,86 Triliun Dikucurkan LMAN untuk PSN Selama 2021

Untuk itu, LMAN memiliki beberapa strategi pendanaan lahan PSN selama tahun 2022 yakni optimalisasi, penguatan sinergi dan kolaborasi, juga komunikasi publik.

Selama 2021, LMAN telah merealisasikan pendanaan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebesar Rp 22,86 triliun.

Penyaluran selama tahun lalu merupakan realisasi tertinggi sepanjang LMAN mendapatkan tugas dalam mendanai PSN.

Pendanaan pengadaan lahan secara terus-menerus didorong melalui kolaborasi berbagai pihak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.