Kompas.com - 26/01/2022, 12:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu akan selesai dibangun pada tahun 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan hal ini dalam Rapat Kerja (Raker) bersama dengan Komisi V DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (25/1/2022).

“Pengembangan delapan PLBN terpadu tersebut saat ini tengah dalam proses konstruksi di mana 6 PLBN diantaranya berada di Pulau Kalimantan,” ujar Basuki.

Enam buah PLBN di Pulau Kalimantan tersebut adalah PLBN Serasan, PLBN Long Nawang, PLBN Jagoi Babang, PLBN Labang, PLBN Long Midang dan PLBN Sei Nyamuk.

Baca juga: PLBN Ke-4 Papua Diusulkan Ada di Distrik Batom

“PLBN Serasan di Kalimantan Barat merupakan PLBN laut pertama yang dimiliki oleh Indonesia,” papar Basuki.

Sedangkan dua PLBN lainnya menurut Basuki berada di Papua yakni PLBN Yetetkun serta PLBN Napan yang berada di Nusa Tenggara Timur.

Sebagai informasi, PLBN Serasan merupakan pos terdepan negara yang berbatasan langsung dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara, serta Singapura dan Malaysia bagian barat dan timur.

PLBN Serasan ditargetkan akan rampung pada Februari 2022. Kemudian, pembangunan PLBN Terpadu Sei Nyamuk atau yang kerap disebut PLBN Sei Pancang telah dimulai sejak 24 Februari 2020 dan ditargetkan selesai 27 Desember 2022.

Sementara itu, pembangunan PLBN Terpadu Long Midang telah dimulai sejak 8 Oktober 2020 dan direncanakan tuntas 25 Desember 2022.

Berikutnya, PLBN Terpadu Labang yang pembangunannya telah dimulai 25 November 2020 dan ditargetkan selesai pada 14 Desember 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.