Tidak Ada Penutupan Selama Perbaikan Besar-besaran Tol Terpeka dan Kapal Betung

Kompas.com - 26/01/2022, 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengintruksikan BUJT untuk memperbaiki bagian rusak dan berlubang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Basuki menemukan ratusan titik jalan retak dan berlubang di Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

"Saya minta perbaikan permanen bisa tuntas pada akhir April 2022 nanti. Saya mengingatkan kembali bahwa SPM wajib dipenuhi karena masyarakat sudah membayar tarif tol dan harus mendapatkan layanan yang baik," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat (24//01/2022).

Baca juga: Ini Penyebab Kondisi Jalan di Indonesia Tak Semulus Singapura

Sementara itu, Staf Ahli Menteri PUPR bidang Teknologi, Industri & Lingkungan Endra S Atmawidjaja memastikan tidak ada penutupan ruas JTTS selama perbaikan berlangsung. 

"Tidak ada rencana penutupan ruas JTTS. Jadi tetap bisa melayani pengguna jalan tol," kata Endra di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (24/01/2022).

Endra menjelaskan alasan tidak dilakukannya penutupan karena JTTS merupakan ruas vital yang digunakan terutama oleh angkutan barang dan logistik.

"Ini jalur fital logistik back bone Sumatera. Banyak komoditi barang dan logistik yang diangkut melalui jalur ini," jelasnya.

Dia mengingatkan para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati karena banyaknya titik perbaikan di ruas jalan tersebut.

Menurutnya karakter ruas JTTS ini umumnya datar dan panjang, sehingga menggoda pengendara untuk memacu kendarananya dengan kecepatan tinggi.

"Maka kami imbau pengemudi berhati-hati karena di titik perbaikan jalan itu pasti tidak bisa kita rem kalau dalam kecepatan tinggi. Intinya keselamatan nomer satu," imbaunya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.